Cara Menjadikan Blackberry Sebagai Modem

Posted 31 Jan 2012 — by
Category CATATAN HARIAN, R - INET
lazada

Anda yang saat ini sedang menggunakan blackberry, pasti sempat bertanya dalam hati “kira kira blackberry gue bisa gak yah gue jadiin modem”. Blackberry, atau smartphone lainnya seperti nokia, samsung, siemens, dan ponsel lainnya, pada dasarnya adalah bisa digunakan sebagai sarana akses ke internet. Asalkan di fitur ponsel tersebut sudah mendukung fasilitas browser atau koneksi internet minimal GPRS. Untuk menjadikan BlackBerry sebagai modem caranya sangat mudah tinggal setting BlackBerry dan ikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini untuk menjadikan BlackBerry sebagai modem untuk internetan.

1. Anda harus menjalankan BlackBery Desktop Manager, lalu hubungkan komputer/laptop anda dengan BlackBerry melalui kabel data yang tersedia. BlackBery Desktop Manager bisa didapat dari CD yang menyertai pembelian BlackBerry Asli, atau dapat didownload di website BlackBerry.

2. Buka Control Panel pada windows, pilih Phone and Modem Options.

3. Pada kotak Phone and Modem Options, klik tab Modem

4. Klik pada Standart Modem – COMxx. Jika anda pernah menginstal modem lain, maka pada The following modems are installed, bisa jadi tidak hanya berisi 1 modem Standart Modem. Kode COMxx adalah menerangkan nomor port COM USB yang menjadi target hubungan antara komputer/laptop dengan BlackBerry anda. Jika anda telah mencolokkan kabel data hubungan tersebut pada salah satu colokan USB pada komputer/laptop anda, maka selanjutnya penggunaan modem Blackberry hanya bisa dilakukan pada colokan USB saat anda menginstal.

5. Klik tombol Properties.

6. Pada kotak dialog Standart Modem Properties yang baru muncul, klik tab Diagnostics.

7. Klik Query Modem

8. Perhatikan informasi yang muncul, jika BlackBerry anda terhubung dengan baik, maka akan muncul informasi ATxx – Research In Motion BlackBerry IP Modem. Jika anda telah menginstal banyak modem, maka informasi yang muncul pun akan banyak sesuai modem yang telah terinstal. Pastikan bahwa Research In Motion BlackBerry IP Modem ada dalam informasi tersebut.

9. Masih pada kotak dialog yang sama, klik tab Advanced. Lalu pada Extra initialization commands, tuliskan kode berikut sesuai dengan kartu provider :untuk Telkomsel :
at+cgdcont=1,”IP”,”telkomsel”untuk XL :
at+cgdcont=1,”IP”,”www.xlgprs.net”
untuk Indosat :
at+cgdcont=1,”IP”,”indosatgprs”
untuk AXIS/IM3/Smart/Esia/dll :
….. belom kuketahui

10. Klik OK

Koneksi ke Internet via BlackBerry di komputer/laptop :
- Buka Control Panel, pilih Network Connection
- Klik Create a new connection
- Pada kotak dialog New Connection Wizard, pilih Connect to Internet
- Klik Next
- Pilih Set up my connection manually
- Klik Next
- Pilih Connect using a dial up modem
- Klik Next
- Pilih modem sesuai dengan settingan awal (diatas) tadi yaitu Standart Modem
- Klik Next
- Tulis untuk nama ISP (ISP Name), misalnya : My BlackBerry Modem
- Klik Next
- Isikan Phone Number dengan nomor *99# atau *99***1#
- Klik Next
- Untuk Username dan Passwoord tidak perlu diisikan.
- Klik Next
- Klik Finish
- Pada Control Panel – Network Connection, icon My BlackBerry Modem (sesuai nama yang anda berikan) bisa dipindahkan atau di-send ke desktop, agar gampang ketika menggunakannya.

Cara Menjalankan BlackBerry sebagai modem
- Jalankan BlackBerry Desktop Manager
- Hubungkan BlackBerry ke komputer/laptop
- Klik icon My Blackberry Modem yang anda buat tadi
- Klik Dial

 

Oh yah, perlu di ingat bahwa hampir sebagian operator di indonesia, jika anda sudah berlangganan paket blackberry full service ketika anda menggunakan blackberry sebagai modem, anda masih akan tetap dikenakan tarif sesuai dengan hitungan volume. Alias anda akan dikenakan biaya jika menggunakannya sebagai modem, karena disini apn blackberry berbeda dengan apn operator.

Nah, bagaimana? Sudah siap untuk menjadikan blackberry anda sebagai modem?

Incoming search terms:

About R Verry Kurniawan

Techno & Social Media Enthusiast #Blogger #Buzzer #Journalist #MC #Speakers | #Traveling | Like A #Music | Part Of @BlogNusantara | Lulusan @11MaretUniv

7 Comments

  1. yoedha com

    siap om verry..
    keren keren..
    :) :) :) :)

    Reply
    • terima kasih kunjungannya yuda

      Reply
  2. chece

    Wah, kok tiap kali aku masuk tombl diagnostic laptop tiba2 eror n mati, bgt trus ngulang tiap kali mau di diagnostic. Npa y?

    Reply
  3. elvian

    Gan mau nanya ni pas mau cara-cara koneksi ke internet conect using a dial up modemnye ke hide ya atau samar2 jadi gak bisaa dipilih itu. Itu kenapa masalahnya ya?

    Reply
  4. prabu

    Sorry min , kaga ngerti gue X_X
    Gimana nih ? Tapi gue butuh .

    Reply
    • Halo Prabu,

      Boleh dibantu untuk versi blackberry desktop manager yang digunakan saat ini versi berapa? Kemudian blackberry yang digunakan tipe apa?

      Terima Kasih

      Reply
  5. http://tinyurl.com/adrirous45140

    I actually seem to agree with all the things that was in fact authored within “Cara Menjadikan Blackberry Sebagai Modem | Rika Verry Kurniawan [dot] com”.

    Thanks a lot for all the actual details.Thanks for the post-Lenora

    Reply


Add Your Comment