Impian Baru The Cranberries

Band asal Lumeric, Irlandia ini dibentuk tahun 1989. Awalnya mereka sih bernama “The Cranberry Saw Us” dengan personel, Fergal Lawler, kemudian kakak beradik Mike dan Noel Hogan, serta vocalis Nail Quiin.

Kurang dari setahun Naill Quinn hengkang, tiga personel band yang ada kemudian merekrut Dolores O’Riordan/ sebagai vocalis. Well… setelah Dolores masuk, band ini berubahlah nama menjadi “The Cranbarries” dan langsung mereka demo mereka yang berisikan versi awal lagu “Linger” and “Dreams,”.

Setelah merilis satu buah EP di tahun 1991, berjudul “Uncertain” , The Cranbarries baru bisa merilis album perdana mereka di tahun 1993 yaitu ; “Everybody Else Is Doing It, So Why Can’t We? “.

Meski dua single dari album ini “Dreams” dan “Linger” tidak berhasil masuk chart, namun The Cranbarries mendapat keuntungan besar dengan sering diputarnya video klip mereka di MTV hingga penjualan album meningkat dan albumnya sendiri berhasil mencapai posisi No.1 di UK Chart.

The Cranberries terus menggebrak belantika music dunia.. dengan merilis album kedua mereka “No Need To Argue” di tahun 1994. Dari album ini lahir hits terbaik mereka, “Zombie” dan single yang berhasil mencapai posisi 11 di US Modern Rock Track , “Ode to My Family” . Album “No Need To Argue” sendiri berhasil mencapai sertifikasi 5 x platinum di Kanada dan 7 kali platinum di AS.

Sayang album ketiga The Cranbarries “To the Faithful Departed” gagal mencapai sukses seperti album kedua mereka. Meski demikian dari album ini lahir dua hits “Salvation” dan “Free To Decide” serta rock ballads yang berhasil masuk posisi 22 di Billboard Hot 100 “When You’re Gone”;. Tahun 1999 The Cranbarries merilis album keempat mereka “Bury the Hatchet”. Album ini, berhasil mencetak hits “Just My Imagination”, “You & Me”, “Animal Instinct”, dan single yang berhasil mencapai posisi 13 di AS dan posisi 7 di Inggris yaitu; ” Promises “.

Memasuki tahun 2000-an, The Cranbarries merilis album “Wake Up and Smell the Coffee”. Hanya satu dari tiga single yang dirlis dari album ini yang berhasil masuk chart yaitu, “Analyse”. Tahun berikutnya The Cranbarries merilis album greatest hits mereka berjudul “Stars – The Best of 1992-2002”, d ari album ini dirilis single stars.

Pada September 2003, The Cranbarries mengumumkan mereka rehat untuk mengejar karir individu alias bersolo karir. The Cranbarries baru berkumpul kembali pada Januari 2009 untuk sebuah reuni untuk merayakan gelar honoris causa yang diterima vocalis Dolores dari Trinity College, Dublin.

Apakah anda termasuk salah satu fans dari mereka? Bermimpilah untuk meraih apa yang anda inginkan, seperti hit’s hit’s nya.

Terima kasih sudah membaca postingan artikel saya, tinggalkan komentar anda berkaitan dengan postingan ini