Dicipok #2, Ketika Konten Lokal Diangkat Ke Digital

Posted 08 Mar 2012 — by
Category CATATAN HARIAN, R - TRAVELLING
lazada

Bagaimana jadinya ketika beraneka ragam kebudayaan yang ada disekitar kita mengalami sebuah perubahan. Perubahan jaman dan perubahan teknologi menjadi salah satu bagian yang tidak bisa dilepaskan. Banyak diantara kita beraneka ragam kebudayaan yang bisa dibudayakan dan diangkat dalam dunia digital. Salah satunya adalah wayang, lagu jawa, dan banyak hal – hal lainnya yang bisa diangkat ke dunia digital.

Salah satu hal tersebut melatar belakangi komunitas blogger joglo abang dan komunitas blogger jogja untuk membuat acara yang diberi nama DiCiPoK. Eitss jangan negatif dulu. DiCiPok yang satu ini merupakan Digital Cipta Kreatif Lokal. Sebuah ide yang melatar belakangi untuk bisa mengangkat konten konten lokal ke dunia digital. Berawal hanya dari sebuah Raul, atau lebih dikenal dengan rabu gaul, sebuah acara kumpul kumpul di hari rabu yang dihadiri oleh blogger. Acara raul ini pun menghasilkan acara dicipok.

Seperti sebelumnya Dicipok pun pernah diadakan untuk kali pertamanya. Pada waktu itu diadakan di joglo abang, yang terletak di daerah sleman pada bulan januari. Kali kedua, dicipok kembali diadakan. Kali ini diadakan bersamaan dengan Mega Computer Bazaar yang berlokasi di areal pameran komputer Jogja Expo Center. Dengan difasilitasi oleh dyandra promosindo, salah satu event organizer yang mengadakan acara ini alhamdulillah berjalan lancar. Acara yang berlangsung di tanggal 4 Maret 2012 dan dimulai pada jam 10.00 berjalan lancar hingga akhir acara jam 21.00. Serangkaian acara yang digelar seperti pengembangan aplikasi digital di android/mobile yang dibawakan oleh Sonny Set, Cinta budaya lokal yang dibawakan oleh paguyuban selasa kliwon, monetize blogging idblognetwork yang kebetulan saya bawakan, dan teknik seo yang dibawakan oleh elang ajib dan jeanot beserta komunitas jogja for dollar. Acara yang diadakan hingga malam hari pun ditutup dengan obrolan santai yang lebih dikenal dengan teng teng crit bersama dhe @senggol yang merupakan founder akun twitter informasi @jogjaUpdate, mas sofyan, @temukonco, @blogger_jogja, @blognusantara dan komunitas @BlanKon Jogja.

Semakin seru pula acara malam hari, karena disela sela acara ini juga diselingi dengan bagi bagi doorprize dan lelang barang – barang elektronik.

Melalui Acara Dicipok ini berharap bisa menjadi salah satu acara yang akan mengajak siapa saja yang memiliki kepedulian terhadap konten – konten lokal untuk bisa tetap dibudayakan dan diangkat ke dunia digital. Mau tahu serunya acara Dicipok berikutnya? Tungguin yah.

About R Verry Kurniawan

Techno & Social Media Enthusiast #Blogger #Buzzer #Journalist #MC #Speakers | #Traveling | Like A #Music | Part Of @BlogNusantara | Lulusan @11MaretUniv

4 Comments

  1. bimakuru

    maju terus karya anak bangsa Indonesia…!!
    :D

    Reply
    • Thanks Kang Bima, sudah mampir di blog

      Reply
  2. Berita Terbaru

    mantep,,pokoknya maksimal :D

    Reply
  3. Kurnia Septa

    contoh konten lokal apa ya? wayang?

    Reply


Add Your Comment