Nokia Lumia 800 Easier, Faster, Funner

Nokia Lumia

Bulan Februari yang lalu, vendor smartphone asal Finlandia Nokia, secara resmi meluncurkan smartphone pertama ke pasaran industri ponsel di Indonesia, yang merupakan hasil kerjasama Nokia dengan Microsoft. Pada peluncuran februari yang lalu, Nokia mengeluarkan dua varian smartphone dengan seri Nokia Lumia 800 dan Lumia 710.

Nokia Lumia 800 Easier, Faster, Funner menjadikan smartphone kelas atas yang mampu bisa bersaing dengan pendahulunya iPhone 4S dan Samsung Galaxy S2, Sementara Lumia 710 diposisikan untuk segmen kelas menengah yang mencari smartphone berfitur yang cukup untuk memenuhi kebutuhan telekomunikasi sehari-hari.

Kedua seri terbaru tipe ponsel keluaran Nokia ini, Keduanya menggunakan sistem operasi terbaru untuk smartphone dari Microsoft yakni Windows Phone 7.5 (Mango). Berbeda dengan teknologi operating system Nokia dengan platform Symbian yang selama ini jadi andalah Nokia.

Dilihat dari sisi desainnya yang dibuat vendor asli finlandia ini, Nokia Lumia 800 didesain berlekuk tanpa sudut di perangkatnya. Untuk tampilan pada Nokia Lumia 800, layar multitouch sebesar 3,7 inci yang digunakan terasa pas untuk display berbagai menu dan fitur canggihnya. Tidak terlalu besar dan tidak pula terlalu kecil sebagai display operating system yang ditanamkan di handset ini. Apalagi layar yang melekat dengan perlindungan Corning Gorilla Glass ini, mampu menghasilkan resolusi yang cukup lumayan tinggi, yakni 480×800 piksel.

Soal fitur, Nokia Lumia 800 memiliki fitur yang luar biasa. Ponsel Canggih keluaran terbaru ini juga berfitur Nokia ClearBlack Display. Dengan teknologi ini, meski ponsel sedang digunakan di tengah hari di bawah sinar matahari, tampilan di layar masih tetap dapat dilihat dengan jelas. Menarik sekali, dan tetap mudah bisa digunakan dimana saja. Karena ada sensor yang akan bisa mengetahui intentisat/kapasitas cahaya ketika digunakan pada saat siang atau malam hari.

Untuk fitur yang lainnya, yang paling menarik di Ponsel Nokia Lumia 800 ini adalah pada Windows Phone 7.5 Mango di ponsel ini adalah People Hub. Melalui channel ini, anda bisa mengumpulkan seluruh teman-teman anda di Facebook, Twitter, ataupun LinkedIn lengkap dengan informasi kontak mereka mulai dari nomor telepon ataupun email yang terhubung dan terintegrasi.

Menariknya lagi seluler mania, setiap update yang terjadi di jejaring-jejaring sosial tersebut dapat langsung ditampilkan di People Hub ini. Galeri foto-foto di Facebook, juga bisa langsung dilihat lewat People Hub via WiFi ataupun jaringan seluler 3G/HSPA. Dari network, perangkat Nokia Lumia 800 ini sudah  berfasilitas WiFi dengan jaringan GSM / 3G / HSPA. Adapun kontak seperti email ataupun nomor telepon bisa langsung dihubungi dengan mudah. Untuk kebutuhan konektifitas, saat ini nokia juga sudah menyediakan Nokia Data Plan dari berbagai operator yang ada di Indonesia.

Soal Browsing dengan Nokia Lumia 800, terasa cepat karena menggunakani Internet Explorer 9 yang kompatibel dengan HTML 5 yang sudah dibenamkan di Smartphone ini. Buka berbagai layanan seperti facebook, linkedin, gmail, dan web lainnya terasa cepat.

Dari sisi aplikasi, Nokia menyediakan Marketplace. Marketplace yang dimiliki Microsoft memang belum terlalu banyak menyediakan pilihan aplikasi, jika dibandingkan dengan aplikasi yang sudah tersedia untuk  iOS ataupun Android. Namun, aplikasi-aplikasi yang ada dari berbagai kategori yang disediakan, sepertinya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Paling gak bisa digunakan untuk multimedia, office dan berjejaring sosial.

Sama seperti sistem operasi Microsoft untuk PC desktop, shortcut – shortcut aplikasi ini dapat dipasang di desktop atau homescreen Nokia Lumia 800. Bedanya, icon – icon shortcut tersebut terus menerus terupdate sesuai aktivitas yang terjadi di aplikasi yang bersangkutan..

Sejumlah aplikasi, meskipun digunakan dengan modus multitasking dapat diproses dengan lancar. Demikian pula saat ponsel digunakan untuk memainkan berbagai game dari layanan Xbox Live yang disediakan oleh Microsoft. Untuk keperluan penyimpanan, Nokia sendiri sudah membenamkan memori internal sebesar 8GB yang tersedia dan dapat dijalankan dengan lancar tanpa terasa lagi.

Jika digunakan untuk bermain game, baterai yang ada bisa digunakan hingga penggunaan seharian penuh. Namun jika ponsel hanya digunakan untuk browsing, berkirim email ataupun berinteraksi di jejaring sosial, secara umum, baterai itu mampu memasok daya untuk satu hari.

Untuk anda pecinta fotografi, Nokia Lumia 800 membenamkan kamera 8 Megapixel. Paling pas untuk mengabadikan moment anda. Nokia ini sudah dilengkapi juga dnegan autofokus dengan Lensa Carl Zeiss. Untuk menambah terang hasil gambaran di cahaya redup. Nokia Lumia 800 dilengkapi dengan fasilitas Lampu Kilat LED 2x dan sudah berkemampuan untuk merekam video kualitas HD. Kamera yang tersedia bisa dipakai untuk merekam video dengan kualitas HD 1280x720p pada 30 frame per detik.

Yang suka berjelajah, ada fitur canggih lain lho. Yaitu Nokia Drive. Dimana dengan Nokia Drive ini, dengan location based dan destination based. Menjadikan Nokia Lumia 800 alat navigasi GPS tangguh dengan panduan suara dan rute belokan demi belokan, serta estimasi jarak dan waktu tempuh.

Agar memori ponsel tidak cepat penuh, Anda bisa melakukan share terhadap foto atau video tersebut ke jejaring sosial atau mengirim via email. Jika video HD 1 menit itu akan dikirimkan via email, ia lebih dulu dikompresi dalam format MP4, dan ukurannya menjadi 6,52MB namun resolusinya diturunkan menjadi 800×480.

Untuk memperbarui sistem operasi yang ada pada Nokia Lumia 800 ini, pengguna bisa melakukannya menggunakan software Microsoft Zune. Proses update memang sedikit membutuhkan waktu, tergantung koneksi internet yang anda gunakan dan seberapa rutin anda melakukan update sebelumnya.

Proses update ataupun sinkronisasi menggunakan Zune ini juga cukup lambat dan membebani sistem, khususnya jika komputer yang dipasangi Zune kurang mumpuni. Saya sangat menyarankan untuk melakukan update terhadap Windows Phone demi mengurangi bug ataupun memasang perbaikan yang disediakan Microsoft untuk ponsel ini.

Sempat mencari tahu harga  Ponsel Nokia Lumia 800 ini di salah satu shop seluler. Nokia Lumia 800 ini dibanderol di harga 5,2 juta. Dan kerennya lagi, tak perlu untuk keluar rumah untuk membeli Nokia Lumia 800 ini. Pembelian secara online saat ini sudah bisa dilakukan melalui online order di website Nokia. Semua terasa ‘Lebih Mudah, Lebih Cepat, Lebih Asyik’ bersama Lumia.

Untuk paket kemasan pembelian nokia, anda akan mendapatkan Nokia Fast USB Charger AC-16, Nokia Charging and Data Cable CA-185CD, Nokia Stereo Headset WH-902, Panduan Cepat, Panduan Pengguna, dan Pamflet informasi produk, Sampul lunak, warna sesuai ponsel. Dengan material polycarbonate saat ini tersedia 3 pilihan warna: hitam, biru sian, magenta. Edisi terbatas akan muncul warna putih. Lebih Mudah, Lebih Cepat, Lebih Asyik bersama Lumia.

Nokia Lumia, Smartphone ini gua banget.

Incoming search terms:

5 Comments

  1. Ardian Wiyanto

    March 29, 2012 at 12:09 pm

    Sudah Bisa Dibeli Online Ya Di Nokia Store, Mantap Deh Lumia

  2. Muhfid Wijaya

    March 29, 2012 at 12:10 pm

    Nokia Lumia 800 Keren, Saya lebih suka kameranya, 8 Mp coyyy

  3. Fira Jayanti

    April 4, 2012 at 12:27 pm

    Untuk Saat Ini Nokia Lumia 800 Paketan waktu beli dapatnya apa saja yah? Makasiiih

  4. Khalista Putri

    April 5, 2012 at 1:00 am

    Harga Terbarunya bulan april ini berapa yah kak?

    • Verry

      April 11, 2012 at 10:41 am

      Masih Diatas 4 jutaan

Leave a Reply

%d bloggers like this: