Batik

Membatik Di Solo Car Free Day

Car Free Day atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor merupakan suatu upaya penekanan tingkat polusi udara yang di timbulkan oleh emisi gas buang kendaraan bermotor yang jika dibiarkan akan mengakibatkan ancaman pemanasan global. Oleh karena itu, dalam upaya melindungi bumi dari ancaman pemanasan global, maka pemerintah Kota Surakarta memberlakukan Car Free Day, karena dapat menurunkan polusi udatra utamanya dari kendaraan bermotor.

Car Free Day di Kota Solo bisa ditemui disepanjang jalan slamet riyadi, mulai dari depan stasiun purwosari, hingga Gladak. Pelaksanaan car free day ini pun dilanjutkan dengan mulai gladak, hingga balaikota yang tepat berada di Jalan Jenderal Sudirman. Berlanjut juga ke jalan juanda hingga jalan ir. sutami. Dengan adanya car free day ini secara otomatis akses untuk kendaraan bermotor ditutup, dan para pengendara kendaraan bermotor hanya bisa melalui simpang empat gendengan, simpang empat novotel. Diluar itu bagi pengendara kendaraan roda dua apabila ingin menyeberang wajib mematikan motornya.

Kegiatan Solo Car Free Day ini dimanfaatkan oleh warga solo untuk berolahraga, bermain, bersepeda, hingga adu ketangkasan dan kreatifitas. Dengan adanya kegiatan car free day ini juga menjadi motivasi komunitas pengrajin batik di Solo untuk membuat acara kegiatan membatik di Car Free Day. Kegiatan yang dirintis oleh Komunitas Batik Canting Kakung ini mengadakan kegiatan membatik di Solo Car Free Day. Kegiatan ini membuka kesempatan untuk masyarakat atau warga solo bisa ikut membatik di kain yang dibentangkan di areal citywalk tepat berada di depan pendopo joglo sriwedari seperti yang saya temui pada Minggu, 7 Oktober 2012.

Batik
Warga Solo Membatik

Solo sebagai salah satu Kota Batik memiliki banyak kanekaragaman motif batik di dalamnya. Seperti halnya kampung batik laweyan, kampung yang sebagian warganya menjadi pengrajin batik masih turut serta melestarikan perkembangan batik di indonesia. Secara sukarela, masyarakat yang sedang melakukan car free day dengan adanya kegiatan ini, membatik di Solo Car Free Day ini seakan menjadikan rasa kecintaan terhadap batik indonesia.

Batik
Anak Anak Kecil Menyaksikan Hasil Karya Batik

Dengan diiringi lagu cinta batik indonesia versi keroncong semangat membatikpun terus menyemangati para sukarelawan pembatik. Kegiatan membatik di solo car free day ini sendiri akan menjadi agenda rutin setiap minggu pagi di acara Solo Car Free Day di Kota Solo.

Mari Cinai Batik, Produk Asli Indonesia.

Terima kasih sudah membaca postingan artikel saya, tinggalkan komentar anda berkaitan dengan postingan ini