rokok

Selamatkan Lingkungan Dengan Tidak Merokok!

Public space merupakan ruang bebas bagi siapa saja. Ditempat ini semua orang bisa melakukan hal yang mereka mau lakukan. Nongkrong, maen, belajar, ngopi, ngeteh, ngenet, atau hal apapun bisa dilakukan di tempat ini. Kebiasaan yang sering terjadi di ruang public ini terkadang sepele, namun berakibat besar. Ruang bebas ini biasa kita temuin di tempat – tempat umum, stasiun, terminal, mall, café, kampus, atau bahkan di taman kota.  Banyak dari kita yang sudah bisa memanfaatkan ruang public ini untuk kegiatan yang bermanfaat. Namun disisi lain terkadang juga banyak yang masih menggunakannya dengan menimbulkan dampak buruk bagi pengguna lain maupun dengan lingkungan sekitar.

Taman Kota
(Gambar : http://lombokbaratkab.go.id/)

Public space atau ruang public yang kita ketahui adalah ruang yang dimiliki dan difungsikan secara bersama di dalam lingkungan bermasyarakat. Apakah berarti penggunaan ruang publik masing-masing orang akan menjadi sama? Apakah juga ruang publik tersebut menjadi terbatasi penggunaannya mengikuti sebagaimana yang seharusnya? Sebagian orang menganggap mereka harus menggunakan ruang publik tersebut sesuai dengan aturannya, tetapi dalam kenyataannya tidak seperti ini juga.  Seperti halnya dengan kebiasaan merokok ditempat umum.

Di ruang publik kita biasa menemui berbagai karakter orang. Setiap orang berbeda – beda wataknya. Ada yang saling menghargai, ada yang cuek terhadap kondisi disekitarnya. Satu hal yang bisa kita temui adalah orang-orang yang merokok. Seberapa bahayakah untuk lingkungan?

stop merokok
(Gambar : http://www.nonstop-online.com/)

Orang-orang yang merokok ditempat – tempat umum yang sering kita jumpai tidak semestinya berada di orang – orang yang perokok pasif. Bahaya merokok bisa mematikan. Beberapa ruang public pun sebenarnya sudah dilengkapi ruang khusus tersendiri bagi mereka para perokok. Di stasiun, diterminal, di bandara, di rumah sakit beberapa ruang khusus smooking area sudah di sediakan, sehingga diharapkan tidak mengganggu mereka yang tidak merokok.

Kadang sebel juga kalau pas lagi ditempat umum, tiba – tiba ada orang yang nggak kita kenal lalu ngerokok disamping kita. Secara tidak langsung dengan terkenanya asap rokok, kita bisa menjadi perokok pasif yang mana kita tidak merokok, tetapi menanggung akibat rokok. Kalau pas kita ingatkan orang disamping kita tersebut, ada sebagian dari mereka yang mengerti kondisi sekitar. Namun ada juga beberapa yang pernah diingatkan untuk tidak merokok, malah menantang kita. Yah, mau gimana lagi kita yang harus mengalah untuk lebih aman dari bahaya merokok dengan menghindar.

perokok pasif
(Gambar : punya-magna.blogspot.com)

Bahaya merokok bisa menyerang siapa saja. Orang yang tidak merokok pun bisa terkena bahaya jika disekitarnya ada orang yang merokok pada saat bersamaan. Terlebih lagi, ibu yang sedang menyusui, penderita saluran pernafasan, atau yang alergi dengan udara kotor bisa lebih bahaya dengan asap rokok.

Apa sih bahaya-bahaya merokok yang lain?

  1. Banyaknya zat racun dalam kandungan rokok yang dapat mengganggu aliran darah
  2. Menyebabkan gangguan pada paru-paru
  3. Menyebabkan serangan jantung
  4. Menyebabkan depresi
  5. Menyebabkan keguguran (bagi mereka yang mengandung/hamil)
  6. Menyebabkan disfungsi ereksi
  7. Berefek buruk pada anak – anak, asap rokok dapat mengakibatkan kerusakan permanen pada saraf arteri

Penggunaan ruang public yang sehat adalah dengan penggunaan yang sehat, artinya menghindarkan ruang – ruang umum ini dengan tidak merokok. Tidak hanya bahaya bagi diri sendiri tetapi juga berbahaya bagi orang lain.

rokok
(Gambar: http://hanest.hexat.com/)

Ayo jadi bagian dalam #SundayChallenge dengan tidak merokok ! Ikuti juga banyak hal tentang bahaya rokok disini.

Terima kasih sudah membaca postingan artikel saya, tinggalkan komentar anda berkaitan dengan postingan ini