Google Doodle Hari ini: Ulang Tahun ke-104 Dorothy Hodgkin

Google selalu membuat pembaruan dan update pada halaman utamanya. Salah satunya hari ini google menampilkan peringatan ulang tahun ke-104 Dorothy Hodgkin. 

Google Doodle

 

Tentang Dorothy Hodgkin

Dorothy HodgkinDari wikipedia, Dorothy Hodgkin adalah seorang ilmuwan kimia wanita terkenal di dunia yang berhasil meraih nobel. Nama lengkapnya adalah Dorothy Mary Crowfoot Hodgkin yang dilahirkan pada tanggal 12 Mei 1910 di Kairo Mesir. Ilmuwan kimia ini hidup dari tahun 1910 – 1994 dengan meninggalkan banyak penemuan yang bermanfaat bagi dunia. Untuk menghormati jasa-jasanya itulah, Google membuat tampilan Google Doodle spesial seperti hari ini.

Dengan menggunakan sinar-X, ia mampu menguraikan struktur vitamin B12 dan molekul-molekul kompleks lainnya, termasuk penisilin dan insulin.

Hodgkin mendalami teknik kristalografi sinar-X, metode yang digunakan untuk menentukan struktur tiga dimensi biomolekul. Beberapa penemuannya yang berpengaruh dalam bidang sains adalah penentuan struktur penisilin yang sebelumnya telah diteliti oleh Ernst Boris Chain dan Edward Abraham, dan kemudian penentuan struktur vitamin B12, yang membuatnya dianugerahi penghargaan Nobel Kimia pada tahun 1964.

Pada tahun 1969, setelah 35 tahun melakukan penelitian dan lima tahun setelah menerima Hadiah Nobel, Hodgkin mampu menguraikan struktur insulin. Kristalografi sinar-X kelak menjadi alat yang paling banyak digunakan dan sangat penting dalam menentukan struktur sebagian besar molekul biologi, yang sangat berguna untuk memahami fungsi molekul tersebut. Hodgkin dianggap sebagai salah seorang ilmuwati pelopor dalam kajian kristalografi sinar-X biomolekul.

Terima kasih sudah membaca postingan artikel saya, tinggalkan komentar anda berkaitan dengan postingan ini