Mengenal Electronic Road Pricing atau Sistem Jalan Berbayar Elektronik

Electronic Road Pricing
(Foto: Warta Kota/Ahmad Sabran)

Baru-baru ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberlakukan Electronic Road Pricing (ERP) atau sistem jalan berbayar elektronik. Pada hari Selasa 15 Juli 2014, ERP mulai diuji cobakan di Jakarta. Uji coba dimulai dengan sinkronisasi gerbang elektronik terhadap alat on board unit (OBU) yang dipasang di dua unit mobil milik Dinas Perhubungan DKI yang dijadikan sampel. 

Untuk tahap awal, gerbang elektronik hanya dipasang di depan gedung Panin Bank, Jalan Sudirman. Uji coba ini sendiri akan dilakukan secara bertahap dalam waktu 3 bulan kedepan.

Nantinya beberapa ruas jalan yang akan dipasangi gerbang elektronik ini diantaranya yaitu Bundaran Senayan-Kota yang melalui Jalan Sudirman, Thamrin, Medan Merdeka Barat, Hayam Wuruk, dan Gajah Mada. Kemudian dari Ragunan-Menteng, yang melalui kawasan Warung Buncit, Mampang Prapatan, dan Kuningan (HR Rasuna Said).

Di beberapa gerbang elektronik tersebut, pengendara akan dikenakan pembayaran secara otomatis melalui mesin OBU yang terpasang pada kendaraan jika melewati gerbang elektronik. Ini juga berlaku untuk kendaraan dari luar Jakarta. Kendaraan dari luar jakarta jika berada di Jakarta juga harus memasang OBU di kendaraan. OBU ini nantinya akan tersedia di satuan lalu lintas yang berada di Jakarta.

Terima kasih sudah membaca postingan artikel saya, tinggalkan komentar anda berkaitan dengan postingan ini