Berkendara Sambil Beramal Bersama Triumph Motorcycles

triumph MotorcycleBerlangsung di 57 negara, termasuk 5 kota di Indonesia. Triumph Motorcycles menaruh perhatian pada kegiatan kemanusiaan.

Jalan-jalan di sekitar Jakarta, Minggu 28 September 2014, berubah menjadi lautan sepeda motor klasik atau bergaya klasik. Ada model café racer, bobber, tracker, custom, modern classic dan classic scooter, namun ada juga model sport dan cruiser dari berbagai merek dan usia. Para pengendaranya kebanyakan berpakaian necis bergaya pria sejati tahun 1930-an. Ada yang mengenakan setelan jas lengkap, ada juga yang berkemeja putih dengan dasi kupu-kupu.

triumph Motorcycle

Pada waktu yang sama, kegiatan riding (berkendara) berkeliling kota juga dilakukan oleh ribuan pengendara sepeda motor di 57 negara seperti Amerika Serikat, India, Italia, Jerman, Prancis, Hungaria, Hongkong dan Australia. Mereka juga mengenakan atribut yang sama: berpakaian sehari-hari selayaknya hendak berangkat bekerja atau bertemu relasi di kedai kopi di masa lalu. Rambut disisir dengan rapih dan terlihat klimis. Di Indonesia, selain berlangsung di Jakarta, kegiatan serupa juga dilakukan di Denpasar, Bandung, Yogyakarta dan Solo.

triumph Motorcycle

Kegiatan berkeliling kota dengan sepeda motor itu merupakan bagian dari acara Distinguished Gentleman’s Ride (DGR). Kegiatan yang lahir di Australia ini melibatkan para penggemar sepeda motor di seluruh dunia. Tujuannya mengumpulkan dana untuk membiayai penelitian kanker prostat. Untuk tahun ini, DGR menargetkan dapat mengumpulkan dana dari peserta sebesar US$1 juta, namun hingga di hari penyelenggaraan, dana yang terkumpul telah mencapai US$1.363.900. Negara dengan donasi terbesar adalah Amerika Serikat, yakni US$361.408 yang dikumpulkan dari 3.679 peserta.

triumph Motorcycle IMG_6033

Dari Indonesia, dana yang berhasil dikumpulkan adalah US$1.840, berasal dari 670 peserta yang mendonasikan dananya langsung ke website DGR, yang bisa diakses di www.gentlemansride.com. “Ini acara yang menyenangkan. Beramal sambil mengendarai sepeda motor bersama-sama. Tak cuma di Jakarta, juga dilakukan secara serempak di kota-kota seluruh dunia,” ujar Sammy Bramantyo, Penyelenggara DGR Jakarta.

Antusias peserta juga terlihat dari jumlah partisipan yang mengikuti aktivitas ini. Untuk Jakarta saja, jumlah peserta diperkirakan lebih dari 400. Mereka berasal dari berbagai kelompok, ada klub yang berafiliasi pada merek, ada juga yang berasal dari kelompok independen. Salah satu kelompok yang aktif berpartisipasi adalah Troupe Industry. Kelompok penggemar sepeda motor Triumph ini membawa sekitar 40 penggemar Triumph untuk memeriahkan DGR 2014. “Partisipasi kami menunjukkan bahwa kami ikut perduli dengan kampanye penggalangan dana untuk kesehatan semacam ini,” kata Riezka Donalsha, yang mewakili Troupe Industry.

Distinguished Gentleman’s Ride Indonesia, untuk tahun ini memasuki penyelenggaraan yang kedua—di dunia, memasuki usia penyelenggaraan ke-3. Dibandingkan dengan penyelenggaraan DGR Indonesia tahun lalu, untuk tahun ini berhasil melibatkan lebih banyak kota dan peserta serta jumlah donasi yang berhasil dikumpulkan.

triumph Motorcycle

Bandung misalnya, mulai tahun ini menyelenggarakan DGR sendiri. Sebelumnya peserta dari Bandung harus datang ke Jakarta untuk mengikuti acara bersama-sama. Pada tahun ini pula, untuk pertama kalinya DGR disponsori oleh Triumph Motorcycles Limited. “Partisipasi Triumph Motorcycles di dalam kegiatan ini, menunjukkan bahwa kami sangat menaruh perhatian pada kegiatan kemanusiaan,” ujar Paulus B Suranto, Managing Director PT Triumph Motorcycles Indonesia (TMI), prinsipal Triumph untuk pasar Indonesia.

Thanks sis Siti Nurjanah releasenya.

Terima kasih sudah membaca postingan artikel saya, tinggalkan komentar anda berkaitan dengan postingan ini