Mengenal Lebih Jauh Tentang Oesman Sapta

Oesman SaptaBelakangan ini, Indonesia masih disibukkan mencari kandidat-kandidat terbaik yang akan menjadi ujung tombak dunia perpolitikan di Indonesia. Dalam minggu ini saja ada dua agenda penting yang menjadi adu kekuatan diantara dua koalisi yang kita tahu adalah Pemilihan ketua DPR dan Pemilihan ketua MPR. Pemilihan ketua MPR tahun ini adalah diajukan dari DPD. Dan ketua tunggal yang diajukan oleh DPD adalah Oesman Sapta. Siapa Oesman Sapta? 

Oesman Sapta mempunyai nama lengkap Oesman Sapta Odang, lahir di Sukadana, Kalimantan Barat, pada tanggal 18 Agustus 1950. Saat ini sudah memasuki usia 64 tahun.

Background dari Oesman Sapta Odang adalah seorang pengusaha dan politikus. Oesman Sapta merupakan pendiri Partai Persatuan Daerah dan pernah menjabat sebagai wakil ketua MPR RI pada periode tahun 1999-2004.

Oesman Sapta terlahir dari pasangan Odang asal Palopo, Sulawesi Selatan dan sang ibu Asnah Hamid berasal dari Sulit Air, Solok, Sumatera Barat. Oesman juga merupakan pemilik konglomerasi OSO Group yang bergerak di bidang percetakan, pertambangan, air mineral, properti, perkebunan, perikanan, transportasi, komunikasi, dan perhotelan. Sekarang ini Oesman Sapta menjabat sebagai ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia.

Untuk menunjang pariwisata di kampung halamannya di Sulit Air, Oesman membangun sebuah rumah gadang sebagai obyek wisata dan tempat informasi bagi seluruh masyarakat sekitar.

Pada awal tahun 2012, Tanri Abeng menggantikan Oesman Sapta Odang sebagai CEO OSO Group. Oesman juga mengumumkan George Toisutta sebagai komisaris utama dan anaknya Raja Sapta Oktohari sebagai direktur utama dari PT. OSO Group.

Pengalaman organisasi Oesman Sapta Odang. diantaranya yaitu:

  • Ketua Umum Asosiasi Koperasi Kelapa Indonesia (2002-Sekarang)
  • Ketua Umum Pengurus Pusat KKI (2002-2011)
  • Wakil Ketua MPR RI (1999-2004)
  • Ketua Umum DPP Partai Persatuan Daerah (2002-2004)
  • Ketua Kadin Daerah Provinsi Kalimantan Barat (1998-2004)
  • Komisaris Lion Air
  • Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) (2010-Sekarang)

Bagaimana kiprah Oesman Sapta di dunia politik Indonesia berikutnya? Kita akan mengenal lebih lagi dalam catatan berikutnya.

Terima kasih sudah membaca postingan artikel saya, tinggalkan komentar anda berkaitan dengan postingan ini