Kenali Macam-Macam Mouse Komputer

MousePara pengguna komputer pasti lega ketika mouse (tetikus) komputer ini ditemukan. Bagaimana tidak, dengan hadirnya mouse komputer maka banyak pekerjaan terasa lebih mudah dan cepat. Mouse mulai diciptakan oleh Douglas Engelbart sekitar tahun 1963 seperti yang tertuang dalam dummies. Awalnya Douglas hanya membuat dari bahan kayu dan memiliki tiga tombol. Baru pada tahun 1970, ia mengembangkan mouse yang  dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer.

Sejak itu mouse terus berkembang, tidak hanya fungsinya yang semakin banyak tapi juga bentuknya yang beragam.

1. Mouse Mekanik

Memiliki bola plastik kecil yang akan berputar  jika mouse digerakan.  Sensor mouse berada dalam badan tikus dan akan mendeteksi pergerakannya yang tersambung pada layar komputer.  Tapi saat ini mouse mekanik tidak begitu banyak lagi beredar. Selain karena bola plastik mudah rusak dan bentuknya pun lebih besar.

2. Mouse Optik

Mouse optic menggunaka LED sensor untuk mendeteksi pergerakan dan  langsung terhubung pada komputer.

3. Mouse Infrared (Radio Frequency Cordless)

Mouse ini menggunakan infrared sebagai sensor. Mouse akan mengirim sinyal dengan menggunakan radio frekuensi. Mouse infra red tidak memerlukan kabel yang terhubung pada komputer. Tenaga untuk meng-aktifkan mouse adalah dengan baterai

4. Mouse dengan Banyak Tombol

Sesuai dengan namanya,mouse ini memiliki extra tombol  yang berfungsi untuk membuka halaman website atau mengganti file. Biasanya memiliki 5 tombol ekstra.

5. Trackball Mouse

Mouse yang menggunakan trackball untuk menggerakan  perintah-perintah di komputer.  Mouse trackball ini menjadi populer karena lebih efisien dan efektif peggunaannya.

6. Mouse Inertial dan Gyroscopic

Mouse ini lebih seru lagi, kita bisa menggerakkannya tanpa perlu alas seperti mouse pada umumnya.  Jadi ketika kita memegang mouse dan menggerakkannya di udara maka sensor pun bekerja. Itulah kenapa mouse ini biasa disebut “air mouse” atau “mouse udara”. Mouse ini sangat sensitive dengan gerakan tangan pengguna. Agar  tidak merubah posisi saat tangan bergerak maka umumnya dapat dideaktivasi sementara

 7. Mouse 3D

Mouse 3D biasa dikenal dengan nama mouse kelelawar atau mouse tongkat. Cara kerja mouse 3D,pengguna menggunakannya seperti cincin di jarinya dan jari jempol menggerakkannya. Biasanya pengguna mouse ini untuk Wii Remote.

8. Tactile Mouse

Dalam tubuh mouse terdapat  sensor yang dapat membuat mouse bervibrasi. Misalnya jika ada kesalahan program atau penggunaan di layar komputer maka mouse akan bergetar. Biasanya akan lebih terasa jika digunakan untuk bermain game.

9. Mouse Game

Mouse yang khusus digunakan untuk para gamers. Biasanya bentuknya pun berbeda dengan mouse biasa pada umumnya.  Mouse ini cocok u ntuk game-game strategi StarCraft atau game yang menggunakan lebih dari 1 pemain.

10. Mouse keyboard

Sesuai namanya, mouse ini menempel pada keyboard. Ssehingga pengguna dapat dengan mudah menggunakannya.

Lebih suka pakai mouse komputer yang mana bro sis?

mouse a4tech

Terima kasih sudah membaca postingan artikel saya, tinggalkan komentar anda berkaitan dengan postingan ini