Tips Memasak dan Merawat Rice Cooker

Rice CookerRice cooker adalah ‘sahabat’ hampir semua orang. Setuju kan? Hanya dengan waktu 30-45 menit saja maka nasi hangat sudah tersedia. Sekarang rice cooker sudah termasuk alat masak wajib dimiliki oleh rumah tangga.

Rice cooker sudah mulai dikenal sejak tahun 1937 oleh tentara Jepang, seperti yang pernah saya baca di npdfoodworld. Memang pada awalnya belum menggunzkan listrik. Sejak itu rice cooker terus berkembang hingga sekitar tahun 2000-an banyak rice cooker dengan berbagai model dan fungsi yang menarik.

Percaya atau tidak, salah satu merk terkenal rice cooker di Jepang telah mengeluarkan produk rice cooker paling canggih. Rice cooker yang terintegrasi dengan ponsel! Ponsel tertempel di bagian atas rice cooker. Jadi saat masak pun, masih bisa aktif di sosial media. Apa nggak jadi lebih repot ya?

Bagaimana cara menghasilkan nasi yang enak?

Walaupun semua produk rice cooker memiliki fungsi utama yang sama yaitu memasak nasi. Tapi kadang hasil dari nasi berbeda-beda. Ada nasi yang terasa enak dan lembut, ada juga nasi yang tidak ada rasa dan wangi sama sekali. Jangan salahkan rice cooker-nya dulu. Biasanya ini dikarenakan jenis beras yang berbeda-beda selain memang rice cooker yang berkualitas.

Bagaimana Merawat Rice Cooker?

Rice cooker yang bagus adalah rice cooker yang mudah dibersihkan. Kadang kala walaupun telah dicuci bersih, masih tersisa nasi di sela-sela rice cooker. Biasanya ini karena sulit dijangkau  sehingga sering terlewatkan. Ada beberapa jenis merk rice cooker yang menyediakan alat khusus untuk membersihkannya.

Sebaiknya Dilakukan

  • Bersihkan semua sisa nasi hingga bersih. Raba dengan tangan apakah masih ada nasi yang nempel pada tempatnya atau tidak. Kadang kala tidak terlihat karena sangat tipis. Sisa nasi akan membuat rasa dan aroma nasi jadi tidak enak.
  • Jika nasi sudah mendekati matang, aduklah nasi secara perlahan. Ini berguna agar nasi tidak menempel dan mengering
  • Bersihkan bagian luar dari rice cooker. Dilap dengan kain lembut hingga bersih. Ingat, cabut dulu aliran listrik sebelum membersihkannya ya. Agar tidak terjadi hal-hal yang berbahaya.

Jangan dilakukan

  • Jangan mencuci bagian dalam dengan bahan yang kasar karena akan merusak lapisannya. Lapisan teflon mangkuk nasi yang rusak akan menyebabkan nasi menempel. Gunakan spons yang lembut.
  • Nasi kering yang menempel jangan langsung digosok. Rendam saja dulu dengan air hingga menjadi lunak dan mudah dibersihkan
  • Jangan biarkan listrik terpasang terus saat nasi hanya tinggal sedikit. Cabut saja dan buka sedikit tutupnya.

Apa Saja Hasil Masak Lain Rice Cooker?

Tapi banyak pengguna rice cooker yang tidak  tahu bahwa rice cooker dapat menghasilkan masakan-masakan luar biasa selain nasi. Tidak percaya? Coba deh lihat hasil masakan yang dapat dihasilkan oleh rice cooker.

1. Choco lava

chocolava

2. Vegetable hot Cake

vege

3. Risotto

risoto

4. Banana Cake

banana

5. Fritata

friitata

 

Mau melengkapi rice cooker yang lainnya? Temukan pilihan anda

Terima kasih sudah membaca postingan artikel saya, tinggalkan komentar anda berkaitan dengan postingan ini