Pesona dan Dilema Bawang Goreng

Bawang GorengBro sis tentu tau bawang goreng, rasanya yang gurih akrab menjadi teman makanan berkuah seperti soto dan sup, mie goreng, bahkan nasi putih hangat sekalipun ditaburi bawang goreng, wangi harumnya mengundang nafsu makan bro sis. Aroma bawang goreng yang wangi dan renyah ini sangat cocok sekali dipadu padan dengan menu sehari-hari. Lantas Bagaimana nilai nutrisi dari bawang goreng?

Perlu bro sis ketahui, umumnya bawang goreng yang beredar dipasar/supermarket berbahan dasar bawang merah (Allium cepa L.). Bawang merah sangat bermanfaat bagi kesehatan, selain mengandung vitamin c, serat, kalsium, zat besi, dan protein, bawang merah mentah juga mengandung antioksidan yang bersifat antiseptik dan dapat membunuh bakteri. Secara medis manfaat bawang merah bagi kesehatan dapat mengontrol kadar kolesterol, mencegah pertumbuhan sel kangker, mengontrol kadar diabetes dalam tubuh, dan sebagai bahan aromatik.

Akan tetapi, perlu bro sis ketahui, manfaat tersebut akan hilang sama sekali jika bawang merah sudah diolah, apalagi jika digoreng hingga kering. Sebab saat digoreng, bawang merah menyerap minyak, sehingga mengemil bawang merah sama saja dengan mengkonsumsi minyak yang tidak hanya menggemukkan, tapi juga mencetuskan radang dan iritasi. Tidak ada cara untuk mengurangi dampak negatif kebiasaan bro sis mengkonsumsi bawang goreng, kecuali berhenti atau setidaknya mengurangi.

Nah, bro sis pada tau enggak sih cara membuat bawang goreng yang renyah? Berikut bro sis tips membuat bawang goreng renyah; Pertama, pilihlah bawang kualitas baik, yaitu bawang segar dan kadar air rendah. Kedua, irislah bawang setipis mungkin dengan ketebalan sama. Ketiga, rendam irisan bawang dengan larutan garam selama kurang lebih 25-30 menit, perbandingan bahan rendaman 1 sendok makan garam untuk 1 liter air.

Keempat, setelah direndam dengan air garam, sebelum dijemur taburi bawang dengan tepung terigu atau tepung maizena secukupnya. Kelima, jemur bawang selama 1-2 jam menggunakan wadah yang datar hingga bawang kering merata. Keenam,ketika menggoreng gunakan minyak yang banyak hingga bawang terendam dengan sempurna. Gorenglah bawang menggunakan panas sedang sampai berwarna kuning keemasan lalu angkat. Panas yang tersisa setelah proses penggorengan bisa menambah warna menjadi lebih kuning kecoklatan.

Ketujuh, tiriskan bawang sampai minyak turun semua. Sebarkan kertas tisu makanan sehingga minyak yang tersisa diserap dengan baik. Kedelapan, setelah dingin simpanlah dalam wadah bersih dan tertutup rapat. Simpanlah wadah di suhu ruang dan tidak lembab. Mudah kan bro sis.

Nah, sudah stok bawang goreng di rumah bro sis? Selamat berburu

Terima kasih sudah membaca postingan artikel saya, tinggalkan komentar anda berkaitan dengan postingan ini