Powerbank – Asli Atau Palsu

power bank proboxSiapa ‘sahabat’ para penggunakan ponsel saat ini? Siapa lagi kalau bukan Powerbank. Pasti setuju kan? Salah  satu pengguna ponsel smartphone mengaku tidak percaya diri kalau keluar rumah tanpa membawa power bank. Penggunaan ponsel yang terlalu aktif dengan aplikasi bejibun dan dibuka bersamaan menyebabkan baterai ponsel cepat habis.

Kelemahan baterai ponsel inilah yang kemudian dijadikan peluang besar untuk produksi power bank di Indonesia. Jika awalnya hanya beberapa merk besar saja yang beredar kini sudah menjamur di mana-mana berbagai macam merk. Dari yang harganya murah sampai mahal. Semuanya ada, tinggal pilih sesuai kemampuan dan kebutuhan.

Powerbank memiliki kapasitas berbeda-beda tergantung dari merk produksi, umumnya kapasitas powerbank berkisar antara 1600mAh, 1800mAh, 2600mAh hingga 9000 mAh.Masalahnya sekarang, banyak juga beredar power bank palsu. Jika seharusnya power bank sebagai charger portable memiliki kapasitas 2-3 kali lebih besar dari baterai smartphone kini kemampuannya bisa kurang dari itu.  Bahkan kadang, kemampuannya tidak bisa diterapkan pada beberapa smartphone.

Apa saja yang harus diperhatikan saat membeli powerbank?

1. Merk Powerbank

Merk memang menjadi hal utama yang harus dipertimbangkan. Jika belum mengenal merk powerbank, coba cek dulu di internet. Merk yang sudah terkenal biasanya memiliki kualitas yang baik pula.

2. Kapasitas

Semakin tinggi kapasitas yang dimiliki powerbank semakin lama juga pemakaiannya. Jika ingin penggunaan yang lama, pilih saja powerbank dengan kapasitas tinggi agar tidak perlu terlalu sering mengisi ulang.

3. Fitur

Setiap powerbank memiliki fitur dan spesifikasii yang berbeda. Ada fitur standar dengan lampu senter atau wifi.  Ada juga yang memiliki Temperature Protection mengontrol  temperature powerbank saat melakukan pengisian energi pada gadget anda. Dan juga berfungsi sebagai alat pencegah konsleting pada jalur arus aliran pendek.

4. Baterai

Cek juga baterai yang digunakan untuk powerbank. Saat ini baterai yang berkualitas baik adalah Japan Cells.

5. Colokan / Konektor

Saat ini powerbank bawaan menawarkan berbagai macam pilihan konektor yang tersedia di pasaran. Konektor yang jelek justru akan merusak smartphone. Sebaiknya gunakan saja konektor bawaan smartphone anda ketimbang konektor bawaan dari powerbank.

6. Harga dan kualitas

harga dan kualitas memang tidak bisa dipisahkan. Harga yang murah biasanya memiliki kualitas yang tidak memadai juga. Lebih baik memilih powerbank yang mahal tapi berkualitas daripada murah tapi jadi cepat rusak. Rata-rata harga powerbank yang bagus minimal Rp. 300.000. Jangan cepat terbuai dengan harga murah ya.

7. Lampu Indikator

Cek apakah lampu indikator hidup atau tidak saat pengisian powerbank. Lampu yang tidak menyala menunjukkan powerbank tidak bekerja dengan baik.

Jadi udah gak ragu lagi khan milih powerbank? Selamat berburu sesuai dengan keinginan dan kebutuhan

Terima kasih sudah membaca postingan artikel saya, tinggalkan komentar anda berkaitan dengan postingan ini