Siapkan Bekal Anak Dengan Cetakan Bento

cetakan bentoAgar bekal makan siang menjadi menarik? Cetakan bento adalah salah satu solusi untuk itu. Saat ini sudah banyak ibu-ibu yang menyiasati bekal buah hati dengan cetakan bento. Bekal jadi tampak menarik dan seru. Apalagi jiga cetakan bento sesuai dengan karakter kartun yang disukai si anak . Tidak Cuma membuat bekal jadi kelihatan menarik, membuat bekal dengan cetakan bento dapat menjadi aktivitas seru denngan anak serta memancing kreativitasnya.

Bento itu sendiri  adalah istilah dari bahasa Jepang yang artinya makanan bekal untuk satu porsi yang berisi nasi dan lauk pauk dengan kemasan praktis dan lengkap.  Dalam bahasa Indonesia, bento dapat disebut juga nasi bungkus.

Dalam kemasan bento, sudah lengkap semua tersedia seperti sendok, sumpit, saus, kecap atau bumbu-bumbu pendukung lain.  Semua dikemas dalam satu tempat sehingga mudah dibawa kemana saja. Serta makannya pun tidak repot.

Yang membuat bento jadi menarik adalah pengaturan isinya. Nasi, lauk pauk bahkan buah ditata sedemikian rupa agar enak dipandang. Orang Jepang menganggap bahwa makanan tidak hanya harus bisa mengenyangkan  perut tapi juga memuaskan pandangan. Itulah sebabnya, orang Jepang senang dengan penampilan makanan yang menarik, perpaaduan bentuk dan warna menjadi perhatian khusus saat membuat bento. Pengaturan dan penyusunan makanan dalam bento  biasa disebut kyaraben.

Kyaraben adalah bento dengan karakter tertentu. Seperti yang pernah saya baca di forbento Jika hanya berbentuk susunan makanan saja maka disebut bento tapi jika sudah dicetak dengan karakter lucu maka disebut kyaraben. Saat ini, terutama ibu-ibu lebih senang membuat kyaraben untuk bekal ke sekolah.

Walaupun membuat bekal bento menguras waktu lebih lama dari bekal biasa tapi tidak mengurangi semangat kebanyakan ibu untuk melakukannya. Menata bento juga bisa membuat anak yang malas makan sayur dan buah jadi tertarik untuk mencobanya .

Saat ini sudah banyak dijual cetakan bento dengan aneka ragam bentuk lucu. Jadi tidak hanya anak yang senang tapi ibu juga jadi lebih kreatif.Nah, kenali dulu macam cetakan bento sebelum hunting di toko. Biasanya bentuk dan warna yang lucu akan membuat kita ingin membeli semuanya.

Selain cetakan bento, perlengkapan lain juga harus dimiliki, seperti :

  • Bento cutter : Digunakan untuk memotong sayuran, ham, atau cheese.
  • Egg mold / egg shaper : digunakan untuk mencetak dan membentuk telur rebus / telur goreng
  • Rice mold : Cetakan nasi  agar sesuai dengan bentuk yang diinginkan
  • Divider cup : pemisah lauk atau makanan, agar tidak bersentuhan satu sama lain.
  • Lunch Pick : adalah tusukan makanan yg digunakan untuk memperindah bento.
  • Sauce cup : tempat wadah saus atau kecap atau mayonaise
  • Nori Puncher :

alat yang digunakan untuk melubangi nori menjadi bentuk tertentu. Alat ini berbentuk seperti alat plong kertas, dengan ukuran kecil, dan bentuk bervariasi.

Hunting perlengkapan dan cetakan bento memang seru. Apalagi bentuknya itu sendiri memang sudah lucu dan menarik. Rasanya memang ingin dimiliki semua.  Jika masih baru mencoba, belilah beberapa dulu  dan langsung praktek di rumah.  Bila hasilnya bagus dan ingin mencoba bentuk lain, baru deh membeli lagi.

Happy hunting cetakan bento ya!

Terima kasih sudah membaca postingan artikel saya, tinggalkan komentar anda berkaitan dengan postingan ini