Cara Membedakan Uang Asli Atau Palsu

Ciri Uang AsliBro sis pasti sudah sering mendengar yang namanya uang palsu? Tentu istilah ini sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Ngomongin soal uang palsu, secara istilah uang palsu adalah uang yang dicetak atau dibuat tidak melalui mekanisme resmi Bank Indonesia. Uang palsu ini dibuat oleh pribadi, dan bukan dari Bank Indonesia. Dan ini tergolong sebagai tindak kriminalitas

Secara tampilan, uang palsu memang susah dibedakan. Bentuk yang sama, wajah yang sama, dan beberapa kesamaan dimiliki uang palsu. Nominalnya pun juga beragam, mulai dari nominal Rp 10.000, Rp 20.000, Rp 50.000, dan Rp 100.000. Dari yang pernah kita dengar, biasanya yang pernah kita temukan adalah nominal Rp 50.000 dan nominal Rp 100.000.

Pernahkah anda menerima uang palsu secara tidak sengaja saat bertransaksi di atm, belanja, atau dimanapun?

Untuk mengenali uang asli dan uang palsu, ada beberapa cara dan trik lho bro sis yang bisa kita lakukan untuk mengenalinya:

  1. Langkah pertama, ambil uang kertas yang anda miliki atau anda dapat
  2. Lalu perhatikan karakteristik uang tersebut.
  3. Perhatikan apakah warnanya pudar, kusam,atau pucat.
  4. Periksa juga uang kertas tadi apakah memiliki tanda-tanda uang asli seperti tanda air yang menggambarkan pahlawan-pahlawan nasional, bahan kertas serta benang tali pengaman yang berada di dalam uang tersebut.
  5. Usai melihat karakteristik uang yang dimaksud, raba uang kertas tersebut.
  6. Lalu perhatikan apakah terasa kasar atau lembut. Biasanya, uang asli sedikit kaku dan tebal bahan kertasnya. Di samping itu, pada angka atau gambar uang biasanya sengaja dicetak agak menonjol dan akan terasa jika diusap-usap.
  7. Langkah terakhir, letakan uang pada sumber cahaya kuat seperti matahari dan lampu. Setelah diterawang lihatlah bagian tali pengaman dan tanda mata air apakah dalam kondisi baik atau tidak.

Nah, diatas tadi adalah cara tradisionalnya bro sis. Bisa juga bro sis menggunakan alat yang namanya Money Detector. Alat ini menggunakan sinar ultraviolet untuk mendeteksi. Penggunaannya pun juga mudah lho bro sis.  Cara menggunakannya hanya dengan menyorotkan sinar ultraviolet pada uang kertas. Apabila ditemukan adanya uang palsu, alat ini nantinya akan menunjukkan tanda Рtandanya, dengan berbunyinya sensor yang dimiliki oleh money detector ini. Simple khan?

Udah gak was-was lagi kan? Dan tentu jadi lebih tau cara membedakan uang asli dan uang palsu.

Yuk lebih jeli lagi dengan uang yang kita miliki ya…

Terima kasih sudah membaca postingan artikel saya, tinggalkan komentar anda berkaitan dengan postingan ini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: