Kenali Macam Macam Alat Panggangan

Alat PanggangAkhir pekan sudah hampir tiba, teman atau keluarga akan kumpul di rumah. Kalau sudah begini memang akan tambah seru jika kumpul sambil barbeque. Saat ini alat panggangan banyak tersedia di toko. Ternyata ada beberapa jenis alat panggangan dengan fungsi yang berbeda-beda pula.

Kenali macam-macam alat panggangan dulu sebelum mengadakan pesta barbeque.

1. Gas Open Griddle

Gas open riddle memanggang dengan mengguakan bahan bakar gas. Cara kerjanya sama dengan kompor gas biasa. Alat pangganan seperti ini sangat mudah dan tidak perlu repot dengan arang. Gas Open Gridle ada yang beralaskan  datar dan rata (Gas Flat Griddle), ada yang sebagian rata dan sebagian lagi bergaris (Gas Half-Grooved Gridldle) dan ada juga yang seluruhnya bergaris (Gas Char Rock).

2. Roaster

Roaster adalah alat panggang yang bentuknya sama dengan oven dan biasanya digunakan untuk membakar ayam atau bebek.

3. Broiler

Jika sebelumnya alat panggangan untuk ayam dan bebek, alat panggang ini khusus untuk ikan dan daging dengan alas pemanggang bergaris.

4. Contact Grill

Contact Grill adalah pemanggang beralas datar yang berukuran kecil, bisa kita gunakan di dalam ruangan.

5. Pemanggang Snack Khusus

Alat panggangan ini adalah yang sering kita lihat digunakan untuk membakar waffle, dorayaki, takoyaki atau crepes.

Selain macam-maca alat panggangan, ada juga yang harus diketahui sebelum membeli agar sesuai dengan kebutuhan.

1. Alat panggang gas

Bagi yang nggak mau repot dengan persiapan arang saat membakar, memilih alat panggangan ini memang tepat. Memang memanggang dengan ini lebih cepat dan merata tapi aroma bakar yang biasanya terhirup saat barbeque tidak akan terasa.

 2. Panggangan arang

Sebaliknya dengan alat panggangan gas, alat panggangan ini menggunakan arang. Persiapannnya lebih lama karena kita harus membuat bara apinya terlebih dulu. Tapi aroma bakarnya, bikin menggugah selera.

 3. Panggangan listrik

Alat panggangan ini memang sangat praktis, tinggal colok lalu mulai membakar. Walaupun aromanya tidak se-ok dengan alat panggang arang tapi jenis ini cocok jika kita sedang menginap di luar rumah.

Sudah tahu macamnya, sekarang bagaimana cara perawatan yang tepat. Alat panggangan yang tidak terawat akan menyebabkan sisa-sisa makanan menjadi mengering dan keras. Hal ini akan merusak alat panggangan dan menimbulkan aroma tidak enak jika akan digunakan kembali.

  1. Setelah digunakan dan didinginkan, segera cuci dan bersihkan semua sisa makanan
  2. Agar tidak lengket, sebaiknya alat panggang berbahan baja, kuningan, tembaga, ataupun aluminium dioles dan digosok-gosok dengan ampas kelapa atau kemiri.
  3. Agar tahan lama alat panggang berbahan baja, kuningan, tembaga maupun aluminium setelah digunakan tidak perlu dicuci. Cukup bersihkan dengan kain bersih (lap), olesi dengan sedikit minyak dan keringkan dengan lap. Simpan di tempat yang kering.
  4. Untuk peralatan anti lengket dan snack maker ini dapat dicuci, namun pastikan saat dicuci alat harus dalam keadaan dingin, dan mencucinya menggunakan air sabun dengan spon yang lembut.
  5. Bila di bagian belakang alat panggang anti lengket/snack maker terdapat noda, hilangkan dengan cara rendam bagian alas dalam air citrun hangat, lalu cuci.

Sedang mencari alat panggangan untuk berkreasi? Selamat berburu!

Terima kasih sudah membaca postingan artikel saya, tinggalkan komentar anda berkaitan dengan postingan ini