Waspadai Email Penipuan Yang Mengatasnamakan Bank Mandiri

Jangan mudah tergoda ketika anda check inbox email anda dan melihat ada pengumuman untuk minta upgrade akun, atau anda mendapatkan hadiah, dan anda diminta untuk mengklik link tertentu. Bisa dipastikan ini adalah phising email yang membuat anda akan kehilangan saldo account rekening anda. Ketahui pengalaman saya berikut ini:

Pagi – pagi saya mendapatkan email sebagai berikut:

Bank Mandiri

Pada email tersebut tertulis pengirim adalah Bank Mandiri. Namun jika dilihat detal pengirimnya adalah Bank.Mandiri@yahoo.co.id. (Secara bank mandiri adalah bank professional, kenapa pakai free)

Kemudian dalam email tersebut menginstruksikan bahwa bank mandiri sedang melalukan upgrade sistem dan mewajibkan pengguna internet banking untuk mengklik tautan yang beralamat di situ.

Alamat : https://ib.bankmandiri.co.id/retail/Login.do?action=form (Personal) diarahkan menuju link -> http://www.acessofacil.com/monitor/ib.bankmandiri.co.id/

Alamat : https://ibm.bankmandiri.co.id/sme/common/login.do (Bisnis) diarahkan menuju link -> http://www.acessofacil.com/monitor/ib.bankmandiri.co.id/

Secara alamat link yang tampil adalah benar, namun jika link tersebut di klik akan mengarah ke url alamat page yang lain.

Jika menemukan hal ini, pengalaman saya, saya tidak melakukan apa – apa melainkan saya langsung menghapus email tersebut dari inbox email saya. Ini tentunya untuk mewaspadai penipuan melalui akun kita, dan tentu juga demi keamanan uang yang kita simpan.

Pernahkah anda mengalami kejadian yang seperti ini? Share pengalaman anda dikomentar dibawah

Terima kasih sudah membaca postingan artikel saya, tinggalkan komentar anda berkaitan dengan postingan ini