Kunci Pas, Kenali Dulu Sebelum Menggunakan

Kunci PasPunya mobil tapi nggak tahu soal kunci pas? Itu namanya keterlaluan. Punya kendaraan harus mengerti soal kunci pas. Jadi jika ban kempes di tengah jalan atau tiba-tiba mogok dan tidak ada bengkel sejauh mata memandang, jadi bisa dikerjakan sendiri. Kebanyakan orang saat ini tahu apa itu kunci pas tapi jarang yang tahu soal macam-macam kunci pas yang ada.

Kunci pas (wrench) terbuat dari baja yang dikeraskan dan merupakan peralatan wajib dimiliki oleh setiap pengendara atau bagi yang suka pekerjaan mekanik. Saat ini di pasaran sudah banyak macam-macam kunci pas dari berbagai merek. Sebaiknya pilihlah yang berkualitas selain bisa tahan lama juga untuk kenyamanan saat menggunakan. Kunci pas yang tidak berkualitas tidak dapat berfungsi dengan baik dan dapat membuat baut jadi dol.

Saat ini berbagai merek kunci pas yang sudah terpercaya seperti Tekiro, American Tool (Am Tool), Maxtoo, atau Crossman. Jika untuk sekedar hobi utak-atik mesin atau untuk persediaan darurat di mobil, merek-merek itu sudah bisa dipercaya kok.

Kunci pas bermacam-macam ukurannya sesuai dengan kebutuhan.

1. Kunci Pas Open End
Kunci pas jenis ini berguna untuk mengencangkan atau mengendurkan baut dengan bentuk heksagonal. Kunci pas ini terbiuat dari logam dengan ujungnya berbentuk heksagonal atau segi enam dan tangkainya membentuk sudut 15 derajat. Ukuran kunci pas open end ini ada yang 6mm dan 7mm dilihat dari lebar dan mulut kunci.

2. Kunci Ring (Box Spanner)
Kunci ini berguna untuk memasang atau melepaskan baut atau mur yang terkunci cukup kencang. Ujung kunci berbentuk heksagonal dengan tangkai lebih panjang dibanding dengan kunci pas lainnya. Ujung kunci pas ada yang berbentu segi enam atau segi dua belas. Karena tenaganya yang lebih kuat untuk membuka baut, biasanya kunci jenis ini disebut kunci raja.

3. Kunci pas kombinasi
Disebut kunci kombinas karena memang setiap ujung berfungsi beda. Satu sisi berbentu kunci pas open end dan satu lagi berbentu kunci ring. Kunci ini berguna untuk menyetel pengikat dengan ukuran berkisar antara 6mm-32mm. Sayangnya kunci jenis ini sulit menjangkau baut yang agak dalam dan yang ukurannya kecil.

4. Kunci Pas Flare Nut
Sekilas memang mirip dengan kunci pas open end tapi ujungnya berbeda. Kunci Flare Nut sangat sempit dengan rahang kunci yang tebal. Kunci jenis ini berguna untuk pipa atau bentuk silindris lainnya.

5. Kunci Inggris
Kunci ini berguna untuk membuka/mengencangkan kepala baut/mur. Ujung kunci dapat dirubah sesuai ukur baut/mur. Kunci ini menjadi favorit banyak orang karena penggunaannya yang praktis dan dapat diubah. Hanya saja, kunci ini tidak dapat digunakan untuk baut/mur yang terlalui kencang.

6. Kunci L (Allen Spanner)
Kunci ini berbentuk L dan berguna untuk membuka/ mengencangkan baut yang letaknya agak menjorok ke dalam.

Jadi lebih tahu kan macam-macam dan fungsinya?

Terima kasih sudah membaca postingan artikel saya, tinggalkan komentar anda berkaitan dengan postingan ini