Tomica Vintage Untuk Kolektor Die-Cast Series

tomica vintageTomica merupakan produk mainan mobil-mobilan die-cast yang diproduksi oleh Takara Tomy Co (dulu dikenal dengan Tomiyama dan Tomy Kogyo Incorporated) pada tahun 1970. Terpisah dari produk-produk Tomica lain seperti kereta, mainan mobil telah diproduksi oleh Tomica World sejak tahun 1959.

Istilah mainan die-cast merujuk pada semua mainan yang dapat dikoleksi dengan menggunakan bahan yang terbuat dari metal, plastik, karet atau kaca. Sebenarnya semua mainan plastik melalui proses pembuatan yang sama.

Produk-produk die-cast Tomica sendiri fokus hanya pada replika merk-merk kendaraan dari Jepang. Disebut replika karena memang dibuat dengan detil yang luar biasa sama dengan kendaraan aslinya. Dari mulai warna, bentuk, aksesori, atau design.

Perusahaan Tommy Co itu sendiri didirikan sejak tahun 1924 oleh Ejira Tomiyama di Tokyo. Awalnya perusahaan ini hanya memproduksi mainan biasa saja. Sampai akhirnya pada tahun 1970, Tomiyama melihat peluang besar untuk memproduksi kendaraan Tomica die-cast. Saat itu, produk die-cast mulai banyak peminatnya, tidak hanya di Jepang tapi juga secara global.

walaupun Tomica sudah memproduksi banyak die-cast, tapi istilah Tomica itu sendiri melekat pada  model die-cast 3 inch. Tomica reguar merujuk pada Tomica pada umumnya yang hanya dijual dengan harga biasa seperti domestic series, foreign series atau common series tergantung dari kapan diproduksi.

Setelah berkembang di Jepang dengan die-cast model domestic, Tomica mulai merambah ke Amerika pada tahun 1974 dengan foreign series. Model ini memiliki ciri khas kota warna biru dan putih. Sedangkan yang domestik bewarna hitam. Pada tahun 1976, Tomica mulai memproduksi replika mobil keluaran Jerman, Inggris, Italia, Perancis dan Amerika. Baru pada tahun 2010, Tomica memulai debutnya di Amerika Utara dan Eropa di bawah merk Tomica.

Tomica Limited Vintage itu sendiri dirilis sekitar tahun 2004 yang dimanage oleh TOMYTEC. Konsep originalnya adalah untuk membuat produksi mobil Jepang dari tahun 1955-1965. Kemudian pada tahun 2006, Tomica mengeluarkan versi Tomiva Limited Vintage Neo dengan koleksi mobil dari tahun 1970-1980. Produk TLV kebanyakan digemari oleh kalangan dewasa dan tidak digunakan untuk mainan anak-anak.

Semua hal tentang Tomica Limited Vintage dikumpulkan dalam sebuah buku yang diterbitkan oleh penerbit Neko Mook beberapa tahun yang lalu. Buku ini keren banget karena menampilkan semua produk Tomica Vintage yang dikeluarga sejak tahun 2004 hingga tahun 2009. Buku itu sendiri bahkan memuat tentang Tomica shop and Toys club Japanese exclusive, model-model terbaru yang akan diproduksi juga pabrik Tomytec di China. Buku ini wajib dimiliki oleh pecinta die-cast Tomica.  Sayangnya buku ini susah didapat saat ini. Semoga Neko Mook akan membuat buku kedua yang menampilkan semua produksi Tomica sejak tahun 2009.

Terima kasih sudah membaca postingan artikel saya, tinggalkan komentar anda berkaitan dengan postingan ini