Gelas Karakter Untuk Si Kecil

Gelas KarakterApa itu gelas karakter? Gelas karakter adalah gelas-gelas dengan bentuk karakter kartun. Saat ini sudah banyak beredar gelas-gelas karakter yang lucu seperti gelas karakter doraemon, Hello Kitty, Winnie The Pooh, Disney, atay karakter kartun lain yang sedang tren di kalangan anak-anak.

Agar lebih menarik gelas-gelas karakter berbentuk seperti tokoh aslinya. Seperti Doraemon yang bulat dan  gemuk, maka gelas pun akan berbentuk seperti itu. Ada juga gelas karakter Hello Kitty dengan tutup gelas yang menyerupai Hello Kitty.

Anak-anak pasti langsung tergiur ingin membelinya. Apalagi jika mereka senang dengan salah satu karakterk kartun tertentu. Wah, orang tua pasti kelabakan untuk memenuhinya. Ada juga yang  berbentuk gelas biasa dengan sedotan  plastik transparan yang membuat gelas-gelas karakter ini tambah lucu dan menggemaskan.

Gelas-gelas karakter ada yang terbuat dari keramik, melamin atau plastik. Untuk segi keamanan dan kesehatan, bahan dasar keramik lebih aman digunakan terutama untuk minuman panas. Bahan keramik akan lebih tahan panas daripada yang terbuat dari plastik.

Ada juga yang terbuat dari plastik. Patut diingat bahwa tidak semua gelas dari bahan plastik aman digunakan untuk anak-anak. Gelas plastik yang mengandung bahan kimia beracun dapat menyebabkan anak kita sakit. Tugas orang tua yang berhati-hati dengan itu

Bagaimana cara memilih gelas karakter yang baik?

1. Pilih Produk Original

Jangan sembarangan memilih produk gelas plastik. Jangan juga tergiur dengan harga yang terlalu murah. Pehatikan apakah gelas benar-benar produksi original atau tidak. Biasanya Disney mengeluarkan produk asli yang sudah aman untuk anak-anak.

2. Ganti Baru Jika Warna Memudar

Jangan tunggu sampai semua warna dalam gelas karakter hilang untuk menggantinya. Saat warna mulai memudar, sebaiknya ganti yang baru saja. Biasanya perubahan warna juga sudah tidak aman digunakan dan dapat menimbulkan kontaminasi bahan kimia ke makanan atau minuman.

3. Jangan Langsung Terkena Panas

Beda dengan gelas karakter yang terbuat dari melamin atau keramik, gelas plastik tidak tahan panas. Jadi hati-hati saat menuangkan air panas ke dalam gelas plastik. Sebaiknya tunggu dulu sampai hangat atau berkurang temperatur panasnya.

Oya, ada yang juga yang perlu diingat untuk orang tua yang ingin membeli gelas karakter terutama yang terbuat dari bahan plastik.

  • Ada tanda Food Grade dengan logo gelas dan garpu. Artinya, gelas bisa digunakan untuk makan.
  • Ada tanda Food Safe yaitu logo contreng artinya tidak mengandung bahan kimia berbahaya
  • Ada tanda Approved by FDA, artinya telah lulus uji oleh FDA (Food anda Drug Administration)
  • -Ada merk dagang yang dipatenkan berupa logo M (trade mark) atau R (registered).

Jadilah orang tua cerdas demi kesehatan anak-anak kita. Selamat berburu gelas karakter! Bisa juga dijadikan koleksi loh.

Terima kasih sudah membaca postingan artikel saya, tinggalkan komentar anda berkaitan dengan postingan ini