Figure Kamen Rider Dari Masa Ke Masa

figure kamen riderBagi penggemar manga atau action figure, pasti sangat kenal dengan Kamen Rider figure dari Jepang yang satu ini. Kamen Rider atau Masked Rider (Pengendara bertopeng) berawal dari salah satu franchise manga dan program televisi tokusatsu yang diciptakan oleh seniman manga Shotaro Ishinomori.

Kamen rider biasanya berupa superhero yang mengendarai motor dengan pakaian berbentuk serangga dan memiliki misi menumpas kejahatan. Penjahat-penjahat yang ditumpas oleh Kamen Rider biasa disebut dengan Kajin.

Franchise Kamen Rider dimulai sejak tahun 1971! Sudah lama juga ya. Awalnya adalah sebuah acara televisi yang menceritakan seorang mahasiswa bernama Takeshi Hongo yang bertugas untuk menjaga kedamaian dunia. Seiring waktu franchise ini berkembang pesat menjadi berbagai macam sekuel cerita.

Ternyata kelahiran kamen rider juga berdampak pada kebudayaan Jepang. Pemerintah Jepang memberi nama dua planet minor dengan nama 12408 Fujioka yang diambil dari nama aktor pemain Kamen Rider yaitu Hiroshi Fujioka dan 12796 Kamenrider seperti nama series film itu.

Cerita-cerita dalam serial televisi Kamen Riders semuanya hampir sama walaupun dengan topik yang berbeda. pastinya sih ada penjahatnya yang berbentuk monster. Tidak hanya penjahat yang juga semakin kuat tapi Kamen Rider juga bisa menambah kekuatan. Dalam seri Kamen Rider Stronger, kekuatan Kamen Rider yang pertama muncul.

Serial Kamen Rider sejak tahun 1971 telah melewati berbagai macam era. Ada era Showa yaitu sejak tahun 1971 sampai 1999. Pada era ini ada Kamen Rider serial pertama yang terdiri dari 98 episode. Lalu ada Kamen Rider V3. Kamen Rider X, Kamen Rider Amazon, Kamen Rider Stronger, Kamen Rider Super atau Kamen Rider Black di sepanjang era ini.

Sedangkan pada Era Heisei ada Kamen Rider Kuuga yang ditayangkan satu taun dengan 49 episode pada tahun 2000-2001. Lalu, tahun selanjutnya ada Kamen Rider Agito, Kamen Rider Ryuki dan terakhir di era ini adalah Kamen Rider Decade pada tahun 2009.

Mau koleksi action figur Kamen Rider? Kenali dulu jenis-jenis Kamen Rider yang bisa kamu koleksi ya. Agar tidak asal-asalan membelinya.

1. Candy Toys

Jenis yang ini termasuk yang murah yaitu sekitar 50 ribu sampai 100 ribu. Bisa dibilang jenis termasuk yang model standar dengan bentuk dan aksesori yang biasa-biasa saja. Bonusnya selalu ada permen di dalam kemasan. Makanya disebut dengan candy toys.

2. Sofubi

Ukurannya kecil hanya 20cm dan berbentuk seperti boneka. Kualitasnya lebih bagus dari Candy Toys. Sofubi dapat digerakkan bagian tangan dan pinggang.

3. Statue (HDM, DXF, WCF)

Kamen rider jenis ini benar-benar seperti patung yang tidak dapat digerakkan.

HDM (Hyper Detail Molding) berukuran 11cm dengan detil yang bagus. Harga berkisar mulai dari 80 ribu. Nggak terlalu mahal kan?

DXF ukurannya lebih  besar dari HDM dengan harga sekitar 250 ribu-an. Ada lagi jenis WCF yang lebih kecil tapi dengan detil  yang keren.

Terima kasih sudah membaca postingan artikel saya, tinggalkan komentar anda berkaitan dengan postingan ini