Jangan Sembarang Memilih Celana Sepeda

Celana SepedaHai para bikers!  Kalian pasti tahu banget salah satu faktor penting agar bersepeda lebih nyaman selain kondisi sepeda itu sendiri yang bagus juga pakaian yang kita kenakan. Pakaian bersepeda yang tepat akan membuat kita sangat nyaman saat bersepeda. Tidak mungkin kan, bersepeda keliling kota dengan menggunakan celana jeans? Pasti jadi tidak enak, berat dan panas. Bisa-bisa belum sampai tujuan, sudah menyerah berhenti.

Kenapa bersepeda harus mengenakan celana khusus? Karena saat bersepeda semua anggota badan bergerak. Kaki yang mengayuh, tangan yang menyetir, tubuh yang menahan beban dan membungkuk. Semua itu harus ditopang dengan pakaian yang nyaman juga. Agar tidak cepat lelah.

Ini ada beberapa tips memilih celana sepeda agar enak dan nyaman digunakan

1. Harga

Pada umumnya semakin mahal harga celana sepeda, maka semakin bagus kualitasnya. Hindari celana sepeda yang terlalu murah karena biasanya bahan dan jahitannya bukan kualitas yang baik. Celana akan terasa kasar di kulit dan tidak menyerap keringat. Belum lagi jahitannya yang tidak sesuai dengan anatomi tubuh kita dan cepat sobek. Jangan-jangan baru digunakan sekali langsung rusak. Lebih baik cari celana sepeda yang tidak terlalu murah, standar saja.

2. Panel

Lebih banyak lebih baik. Biasanya, celana sepeda menggunakan 8-panel yang disesuaikan dengan anatomi tubuh.

3. Liner

Liner adalah garis celana pada bagian selangkangan. Bagian ini harus terbuat dari bahan yang halus, menyerap keringat dan ada bantalan agar saat duduk lebih empuk. Periksa juga jahitan dan ukuran yang sesuai dengan anatomi tubuh. Jangan lupa untuk memperhatikan  lapisan busa (padding) di bagian belakang. Kadang bantal yang terlalu tebal malah akan menyebabkan kita tidak nyaman dan menahan keringat. Padding berguna untuk mencegah penumpukan asam laktat, melancarkan sirkulasi peredaran darah, menjaga temperatur tubuh dan menjaga kelembapan kulit.

4. Panjang Celana

Panjang celana sebaiknya di atas lutut. Hal ini agar memudahkan kita saat mengayuh sepeda. Ada juga yang suka celana sepeda yang pendek agar mudah bergerak leluasa. Hanya disarankan tidak lebih panjang dari lutut saja.

5. Ukuran Lebar Paha

Tidak ada yang lebih menyebalkan jika celana naik ke atas dan menumpuk di selangkangan. Ukuran lebar paha yang pas akan mencegah hal itu terjadi. Tapi jangan juga terlalu ketat dan membuat tidak nyaman bergerak.

6. Bahan Elastis (strecth)

Kebanyakan celana sepeda terbuat dari bahan stretch atau spandex. Sehingga terlihat pas di tubuh, terasa nyaman dan mudah bergerak saat mengayuh.

7. Ukuran

Nah, ini yang paling penting. Jangan malas untuk mencoba celana sepeda terlebih dulu sebelum membeli. Ukuran celana berbeda-beda pada setiap merek. Juga berbeda dengan ukuran celana yang biasa kita gunakan sehari-hari. Jadi, coba dulu deh.

8. Kantung Baju

Sudah disepakati sebagai standar internasional bahwa terdapat tiga kantong pada bagian belakang baju. kantung-kantung tersebut dapat berguna untuk menyimpan peta, makanan kecil, obat-obatan atau ponsel.

Selamat bersepeda!

Terima kasih sudah membaca postingan artikel saya, tinggalkan komentar anda berkaitan dengan postingan ini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: