Trend Baju ‘Couple’. Yes or No?

pakaian couple muslimAda pasangan yang ingin hubungan mereka ‘under the radar’ alias adem ayem aja dan nggak perlu seluruh dunia tahu kalau mereka adalah pasangan. Tapi ada juga yang  ingin memamerkan kemesraan mereka dengan pasangan pada dunia. Salah satu caranya adalah dengan mengenakan baju ‘couple’.  Mengenakan baju senada dengan pasangan kini kembali menjadi trend. Apakah kalian salah satunya?

Sebenarnya trend ini sudah lama dimulai. Biasanya pasangan suami istri mengenakan baju sarimbit atau baju couple saat pergi ke acara-acara resmi.  Ada juga pakaian muslim couple yang menonjolkan warna, motif dan bahan yang sama dengan pasangan, hanya modelnya saja yang berbeda. Saat lebaran lalu saja, pasti bertebaran tuh baju muslim couple ditambah dengan baju ana-anak.

Trend ini kemudian beralih ke pasangan muda dan dikenakan sehari-hari saat mereka kencan berdua. Hal ini mulai terjadi sejak Februari 2012, tepatnya hari Valentine, di Korea.  Kebanyakan pasangan mengenakan pakaian yang sama di hari itu.  Kemudian setelah hari cinta itu lewat pun mereka masih sering mengenakan pakaian sama kemana pun pergi. Lalu, booming trend baju sama dengan pasangan pun meluas ke beberapa negara Asia, termasuk Indonesia.

Mengenakan pakaian dengan tema yang sama memang terlihat kompak dan buat pasangan remaja akan terlihat lucu dan keren. Di Korea, mengenakan pakaian yang sama juga bisa disebut sebagai perayaan cinta di antara mereka.  Sekaligus pamer juga ke teman-teman mereka. Mungkin seperti tanda kalau mereka sudah ‘taken’ alias ada yang punya.

Di Prancis sebuah majalah Neon menjelaskan bahwa mengenakan pakaian kompak seperti ini sangat menarik perhatian dan menonjol di banding yang lain. Bisa juga sebagai pemisah dari yang lain atau sekedar pernyataan bahwa “Kita ini pasangan dan jangan ganggu”. Seperti itu kira-kira. Ok, deh…!

Di Amerika sendiri tren ini tidak begitu populer. Bahkan terlihat aneh dan dianggap seperti kostum pesta atau drama saja. Beberapa fashionista mencoba hal ini untuk menguji apakah diterima oleh publik atau tidak. Ternyata mereka jadi tontonan dan menerima pandangan aneh sepanjang jalan. Mereka sendiri merasa tidak nyaman dengan itu juga. Jadi banyak yang menganggap kalau tren baju couple ini hanya bisa diterima di Asia.

Lalu, bagaimana dengan di Indonesia? Beberapa pasangan muda mulai juga mengenakan pakaian yang sama di acara-acara tertentu. Walaupun belum sebanyak di Korea tapi trend itu sudah mulai melipir ke sini.

Kalau pada acara-acara besar seperti lebaran lalu, pemandangan baju muslim couple tidak aneh lagi terlihat. Beberapa perancang baju muslim mulai mengeluarkan baju muslim couple bagi pasangan suami istri.  Model-model baju dengan warna cerah mendominasi trend baju muslim couple tahun ini.

 Kita lihat saja, bagaimana trend baju couple di Indonesia dalam waktu dekat ini.

Terima kasih sudah membaca postingan artikel saya, tinggalkan komentar anda berkaitan dengan postingan ini