Pulpen Parker, Bapaknya Pulpen Dunia

pulpen parkerDari jaman dulu hingga sekarang pulpen memang selalu berguna. Walaupun teknologi gadget semakin canggih dan orang lebih sering menulis di gadget atau komputer ketimbang kertas tapi kehadirannya tetap diperlukan. Buktinya Pulpen Parker tetap bertahan di puncak dan tetap berinovasi dengan model-model terbaru. Memang hanya gadget yang selalu update model, Pulpen Parker juga bisa.

Pada tahun 1888, tidak ada yang terpikir untuk membuat pulpen mewah pada jaman. Sementara di tahun itu George Safford Parker membuka pabrik pulpen mewah Parker di Janesville, Wisconsin, Amerika. Parker termasuk innovator pulpen di dunia. Dan, ada cerita panjang sebelum akhirnya Parker memiliki usaha pulpen sendiri dan tetap bertahan hingga saat ini.

Parker hanyalah seorang guru pada tahun 1863. Gaji guru tidak mencukupi untuk kebutuhan keluarganya, Parker pun bekerja sambilan jadi sales di perusahaan pulpen The John Holland. Pulpen yang ia jual gampang rusak dan Parker merasa bertanggung jawab untuk memperbaikinya.

Ternyata ia malah kebanjiran order memperbaiki pulpen. Lalu, ia berpikir kenapa tidak sekalian saja membuat perusahaan pulpen sendiri? Akhirnya memang ia memiliki perusahaan sendiri. Bahkan bisa mengalahkan perusahaan pulpen tempat ia bekerja karena ia terus berinovasi membuat pulpen model baru.

Ia mendapat paten pertama untuk jenis fountain pen pada tahun 1889. Pada 1894, salah satu pulpen menerima paten lagi untuk pulpen “lucky Curve”. Kelebihan pulpen ini adalah ia bisa menahan tinta agar tidak terus mengalir saat pulpen tidak digunakan. Jenis pulpen Lucky Curve kemudian keluar dengan berbagai model hingga tahun 1928.

Parker terus melaju cepat menuju puncak dan bertahan di sana. Pada tahun 1905 ia mengeluarkan model pulpen Black Giant, seperti namanya pulpen ini besar dan menjadi tren saat itu. Pada tahun 1907, ia mengeluarkan pulpen The Snake, pulpen dengan desain seperti ular bertabur emas dan perak yang mewah pada tahun 1907. Pada tahun 1912, keluarlah jenis pulpen yang dilengkapi dengan tutup.

Parker pen termasuk simbol kemewahan dan status sosial. Ia tidak hanya digunakan untuk alat tulis biasa tapi juga untuk hiasan dan koleksi. Desainnya yang mewah dan eklusif tetap dipertahankan sejak awal kelahirannya. Parker pen pernah mengeluarkan Parker Pen Limited Edition yang hanya digunakan untuk acara-acara khusus atau untuk presiden dengan harga selangit. Ia juga banyak memberikan hadiah pulpen mewah pada orang-orang besar dunia.

Pada tahun 1968, Parker memberi hadiah pulpen “Atlas Booster Ball Pen” untuk presiden Amerika Lyndon B Johnson dan direktur NASA saat itu. Pada tahun 1987 model “INF Treaty” digunakan oleh dua presiden adidaya Ronald Reagen dan Gorbatchev, Presiden Rusia, untuk tanda tangan sebuah perjanjian.

2 comments

Terima kasih sudah membaca postingan artikel saya, tinggalkan komentar anda berkaitan dengan postingan ini