Kampung Safety Honda Raih Rekor Muri sebagai Kampung Safety Riding Pertama di Indonesia

Kampung Safety HondaKelurahan Pandean Lamper yang terletak di Kecamatan Gayamsari, kota Semarang, Jawa Tengah, meraih rekor sebagai Kampung yang Membudayakan Keamanan dan Keselamatan dalam Berkendara (Kampung Safety Riding) Pertama di Indonesia dari Museum Rekor Indonesia (MURI). Penghargaan atas rekor tersebut diserahkan perwakilan MURI di sela Peresmian Kampung Safety Honda, Minggu (11/10)

Kampung Safety Honda ini merupakan salah satu program Astra Motor, selaku Main Dealer sepeda motor Honda di 10 wilayah Indonesia, dalam mendukung kampanye Indonesia, Ayo Aman Berlalu Lintas (IAABL) yang sudah dicanangkan PT Astra International Tbk bersama Kepolisian Republik Indonesia pada awal tahun 2014. Kampung Safety Honda ini terwujud dari peran serta aktif masyarakat Kelurahan Pandean Lamper yang didukung penuh oleh Astra Motor serta Ditlantas Polda Jawa Tengah.

Kampung Safety HondaKomitmen 45 RT di Pandean Lamper akan pentingnya keselamatan berkendara terlihat jelas dari rambu dan papan etika keselamatan berkendara yang terpasang di setiap sudut jalan. Selain itu, sejak awal tahun ini, berbagai aktivitas juga dilakukan oleh dan untuk warga, demi menciptakan budaya keselamatan berkendara. Mulai dari edukasi teori dan praktik warga mengenai keselamatan berkendara, merangkul tokoh masyarakat sebagai brand ambassador, cerdas cermat dan adu skill safety riding antar rukun tetangga, hingga aksi warga yang turun langsung mensosialisasikan pentingnya keselamatan berkendara kepada masyarakat umum di jalan raya maupun melalui media sosial.

Kampung Safety HondaHasilnya, jumlah pelanggaran lalu lintas di Kelurahan Pandean Lamper mengalami penurunan yang cukup besar. Contohnya pelanggaran mengenai penggunaan helm berkurang hingga 87%. Kelurahan Pandean Lamper juga berhasil menjadi Juara 1 Lomba Desa Tingkat Provinsi Tahun 2015 bersama 32 desa lain di tiap provinsi di Indonesia.

Terima kasih sudah membaca postingan artikel saya, tinggalkan komentar anda berkaitan dengan postingan ini