Tren Kemeja Batik Wayang

Kemeja Batik WayangSejak UNESCO menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan NonBendawi sejak 2 Oktober 2009, popularitas batik kian meningkat drastis. Jika dulu batik dikenal sebagai pakaian yang hanya diperuntukkan untuk kegiatan formal dengan model ketinggalan jaman kini batik banyak digunakan untuk segala aktivitas dengan model yang lebih modern tentunya.

Batik kini memiliki ragam design yang menarik dan lebih fashionable. Corak kain batik pun kini terus berkembang dan lebih bewarna cerah. Salah satu motif batik yang sedang digemari adalah batik dengan motif wayang. Para desainer batik pun menganggap motif wayang sangat unik. .

Salah satu desainer, Yunita Kosasih, yang selama ini selalu konsisten menggunakan batik dalam setiap rancangannya. Kini ia memilih untuk mengombinasikan batik dan wayang. Menurutnya, wayang dan batik adalah simbol dan identitas Indonesia. Tidak hanya sekedar motif dan cerita saja tapi batik dan wayang juga memiliki filosofi hidup yang bisa dijadikan panutan.

Motif batik wayang juga digunakan pada kemeja batik pria. Kemeja batik wayang menjadi pilihan pertama kebanyakan pria saat memilih kemeja batik terutama bagi mereka yang menyukai tokoh-tokoh wayang. Biasanya tokoh pewayangan yang dipilih adalah Arjuna, Abimanyu, Nakula, Kunti, Pandu, Bisma, Skrikandi, Shinta, atau Gatot Kaca.

Kemeja batik wayang cocok digunakan untuk pria berbagai usia baik anak kecil sampai orang tua sekalipun. Kemeja batik juga dapat digunakan untuk segala macam kegiatan baik formal maupun informal. Pemilihan corak dan warna sangat menentukan cocok atau tidaknya kemeja batik wayang digunakan. Ya, asal jangan digunakan untuk olah raja saja.

Ada beberapa saran penggunaan dan pemilihan kemeja batik wayang yang dapat dijadikan pertimbangan.

1. Padu Padan

Kemeja Batik wayang dengan warna penuh dan corak yang ramai sebaiknya tidak dipadukan dengan terlalu banyak aksesori pada kemeja karena tidak indah dilihat. Cukup padukan dengan celana warna senada maka kemeja batik pun akan terlihat lebih bagus. Untuk acara informal, bisa juga dipadu padankan dengan celana jeans.

2. Corak & Warna

Bagi mereka yang masih remaja, sebaiknya pilih corak dan warna yang cerah. Pilihan kemeja batik wayang tangan pendek dan ukuran yang agak longgar adalah pilihan tepat.

3. Bahan

Selain corak dan warna, pemilihan bahan kemeja juga sangat menentukan. Untuk acara-acara pesta, pilihlan kemeja batik dengan bahan sutra atau bahan satin. Dengan begini, batik jadi terlihat lebih mewah dan elegan. Tapi jika hanya digunakan ke kantor atau sehari-hari, piliha kemeja batik wayang dari bahan katun. Bahan ini akan membuat pemakai lebih nyaman beraktivitas dan dapat menyerap keringat.

Terima kasih sudah membaca postingan artikel saya, tinggalkan komentar anda berkaitan dengan postingan ini