Seblak, Kerupuk Pedas Yang Nikmat

seblakBaru lihat judul sama gambarnya aja, pasti kita langsung menelan ludah. Terbayang rasa nikmatnya seblak pedas yang bisa memanjakan dan mengenyangkan perut.  Ini dia favorit makanan ringan orang Jawa Barat yang nikmat. Apalagi jika disajikan hangat-hangat ditemani dengan kopi dan teh. Wah, rasanya juara deh!

Bagi mereka yang tinggal di Jawa Barat terutama di daerah Bandung dan Bogor, seblak sudah jadi makanan khas. Coba saja lihat di tempat jajanan pasti seblak tersedia. Hampir di setiap sekolah, gerobak seblak nongkrong di depannya dan selalu jadi rebutan. Rasa yang nikmat, pedas dengan harga yang sangat terjangkau membuat makanan satu ini jadi primadona dimana pun berada.

Sebenarnya Seblak itu sendiri sudah lama ada di daerah Jawa Tengah, tepatnya di daeah Sumpiuh. Di sana seblak disebut dengan kerupuk godog yang sudah populer sejak tahun 1940-an. Sementara di Jawa Barat, seblak mulai populer sekitar tahun 2000-an dan mulai booming sejak 2-3 tahun terakhir.  Mendadak semua pojok kota, ada yang jualan seblak.

Jika ingin sedikit variasi isi seblak juga bisa. Biasanya pedagang seblak akan menawarkan campuran bakso, sosis, ayam, kornet atau ceker ayam. Ada juga seblak yang dicampur dengan makaroni atau mie lalu disiram dengan sambal kacang. Pokoknya makanan satu ini bisa bikin ketagihan.

Bagi mereka yang rajin masak, ada juga yang mencoba buat sendiri di rumah. Caranya memang gampang dan cepat proses pembuatannya. Bisa jadi cemilan di sore hari sambil istirahat. Bisa juga jadi cemilan sehat anak-anak di rumah. Tinggal kita tambah saja dengan sayur mayur yang banyak dan daging sebagai karbohidrat. Jika ingin coba varian lain, mungkin akan lebih nikmat rasanya.

Penasaran dengan caranya? Gampang! Membuat seblak hanya 10-15 menit saja. Bahannya juga mudah didapat semua. Pertama-tama rebus kerupuk sampai empuk. Jangan terlalu lama direbus karena bisa menjadi terlalu lembek seperti bubur. Rebus saja sampai empuk setengah matang. Setelah itu, tumis bawang putih, kencur, cabai dan masukkan sayuran.

Setelah tercampur, masukkan kerupuk dan diamkan dulu sampai matang. Jika ingin pedas tinggal tambah sambal atau saos. Untuk takaran dari masing-masing bahan, bisa dikira-kira saja. Oya, sebaiknya pilih kerupuk merah atau kerupuk yang biasa dipakai tukang nasi goreng atau gado-gado karena lebih cepat empuk.

Jadi, mau mencoba? Tips makan seblak, jangan menunggu seblak dingin karena kerupuk jadi mengembang dan terlalu empuk. Rasanya jadi tidak enak. Jadi sebaiknya nikmati saat hangat biar kerupuk masih ada teksturnya. Jadi lapar deh kalau bahas seblak. Selamat mencoba dan memasak!

2 comments

Terima kasih sudah membaca postingan artikel saya, tinggalkan komentar anda berkaitan dengan postingan ini