Tips Memilih Sepatu All Bike

sepatu allbikeKita bisa mengenakan sepatu apa saja untuk bersepeda tapi bagi mereka yang rutin gowes maka menggunakan sepatu khusus sepeda adalah keharusan. Sepatu ini sangat memudahkan saat mengayuh sepeda apalagi dengan jarak yang lumayan jauh. Dibandingkan dengan sepatu lain seperti sepatu lari, sepatu sepeda memiliki model berbeda. Sepatu allbike menggunakan sol yang lebih keras untuk menghemat energi saat mengayuh pedal. Sepatu sepeda biasanya digabung dengan pedal yang bisa mengikat sepatu pada pedal agar lebih aman.

Ada bermacam-macam jenis sepatu sepeda.

1. Road Bike Shoes

Umumnya sepatu ini lebih ringan dengan sol yang lebih halus dan ventilasi udara yang baik. Biasanya yang membedakan sepatu sepeda adalah bagian kekuatan sol sepatu. Sol sepatu membantu memberi power saat mengayuh. Sepatu ini tidak dirancang untuk digunakan berjalan karena sol yang keras dan daya cengkram yang lemah plus tidak fleksibel sehingga sulit untuk berjalan.

2. Mountain Bike Shoes

Sepatu sepeda gunung memiliki sol yang keras untuk mencengkram lebih kuat dan lebih efisien saat mengayuh. Memiliki fleksibilitas yang baik dan sol bagian luar dilengkapi karet agar mudah digunakan juga untuk berjalan. Biasanya pengguna sepeda akan turun dan berjalan saat jalanan terlalu curam. Karena itulah sepatu ini dirancang agar nyaman digunakan berjalan juga. Sepatu sepeda model ini sangat populer karena lebih kasual. Soal harga, biasanya semakin mahal harga sepatu, maka akan lebih ringan, sol yang lebih kuat, proteksi pergelangan kaki, waterproof dan ekstra straps agar lebih kuat melindungi kaki.

3. City Bike Shoes

Sepatu city bike sangat cocok untuk bersepeda di perkotaan bagi mereka yang bersepeda ke sekolah, kampus atau kantor. Sepatu ini juga cocok untuk sekedar bersepeda santai di taman atau indoor cycling. Sepatu city bike dirancang sedemikian rupa agar tetap nyaman digunakan untuk berjalan kaki dengan sol yang lebih lunak dan ringan.

Kalau sudah tahu sepatu mana yang cocok, sekarang harus tahu juga bagaimana cara merawatnya. Ini beberapa saran agar sepatu sepeda tetap terawat dengan baik.

  • Sepatu sepeda harus tetap bersih agar nyaman. Bisa dengan sekedar di-lap untuk menghilangkan debu atau dengan air hangat dan sabun untuk menghilangkan kotoran yang menempel.
  • Sepatu sepeda yang basah karena hujan, lumpur atau keringat sebaiknya jangan didiamkan karena akan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Keluarkan dulu alas sepatu lalu lap dengan air hangat dan sabun. cara lain untuk mengeringkan sepatu dengan menjejalkan koran bekas dalam sepatu untuk menyerap air atau dengan menggunakan pengering rambut. Ini tergantung dari seberapa basah sepatu sepeda kamu. Selamat mencoba!

Terima kasih sudah membaca postingan artikel saya, tinggalkan komentar anda berkaitan dengan postingan ini