Android TV Box, TV Biasa Jadi Smart TV

Android TV BoxPerkembangan teknologi gadget dewasa ini bagaikan kuda pacu yang tak mengenal lelah. Tujuannya adalah memanjakan konsumen dengan fasilitas “buy one, get all.” Salah satu produk gadget yang memberikan manfaat “buy one, get all” adalah Android TV Box. Produk teranyar dari Android ini bisa merubah pesawat televisi (TV) biasa menjadi multi fungsi alias smart TV.

Hadir dengan harga yang relatif murah, berkisar Rp. 600 ribu, Android TV Box merubah TV biasa yang hanya untuk menonton tayangan yang disediakan stasiun TV menjadi multi fungsi. OS Android yang telah tertanam di dalam Android TV Box merubah fungsi TV atau LCD Anda menjadi seperti sebuah Tablet PC. Dapat dipastikan pula Android TV Box memiliki fitur yang jauh lebih variatif.

Caranya pun mudah! Hanya dengan memasang Android TV Box ke TV melalui koneksi A/V composite (RCA) atau HDMI (LCD HD/HDTV), Anda dapat menikmati berbagai fitur dan fasilitas yang ditawarkan oleh sistem Android layaknya seperti smartphone.

Berikut adalah fitur-fitur yang bisa Anda nikmati setelah plug in Android TV Box ke TV Anda.

  • Browsing internet dan sosial media
  • E-mail (surel)
  • Aplikasi chatting (Line/Whatsap/BBM/Yahoo Messanger/Skype)
  • Video call menggunakan webcam (untuk versi yang include dengan webcam)
  • Multimedia player (pemutar musik, video dan album foto)
  • Video streaming (termasuk internet TV)
  • Bermain game seperti yang biasa Anda lakukan di smartphone Anda
  • Membaca film atau data dari flash disk atau hard disk ekternal (film, music, doc, e-book)
  • Dapat menggunakan koneksi wifi atau kabel Lan melalui port Ethernet
  • Dapat mengakses android app store dan memilih ribuan aplikasi Anda inginkan

Untuk mendapatkan fungsi secara paripurna Android TV Box, Anda bisa membeli fly air mouse, yaitu alat sebagai remote yang sekaligus berfungsi sebagai mouse dan keyboard. Fly air mouse untuk Android TV Box dijual secara terpisah.

Pengalaman multimedia yang berbeda

Mengingat tampilan visual yang lebih luas, produk Android TV Box menyajikan pengalaman multimedia yang berbeda jika dibandingkan layar komputer tablet yang lebih terbatas. Bayangkan saja Anda membuka Facebook, melakukan video call, hingga bermain game dengan tampilan yang lebih “lapang” di layar TV. Ya, perangkat semacam ini merupakan pasangan menarik untuk TV di rumah Anda.

Perihal spesifikasi internal, Android TV Box dilengkapi dengan prosesor Amlogic berkecepatan 900 MHz, RAM berkapasitas 512 MB, dan storage 2 GB sebagai komponen utama. Chip grafis pun ditenagai Mali-400MP yang terbilang cukup kuat untuk kelasnya. Perangkat ini berbasis Android 2.3.4 dan dapat menayangkan film berbagai format.

Tidakkah Anda tertarik memilikinya?! (*)

Terima kasih sudah membaca postingan artikel saya, tinggalkan komentar anda berkaitan dengan postingan ini