PS 4 Hadir, XBox One Meluncur

XBox OneGamers alias para penghobi game pasti mahfum bahwa ada dua pesaing konsol game saat ini. Keduanya bersaing ketat memperebutkan hati dan pikiran para penghobi game. Ya, mereka adalah Playstation yang dimiliki Sony dan Xbox yang dimiliki Microsoft. Terakhir keduanya bersaing masing-masing dengan konsol terbaiknya. Sony punya Playstation (PS) 3 dan Microsoft menyaingi dengan Xbox 360-nya.

Kini, seiring Sony merilis PS 4, Microsoft pun meluncurkan Xbox One. PS 4 ditenagai chip AMD custom dengan 8 inti Jaguar serta grafik Radeon. Microsoft pun tak mau kalah saing. Xbox One bahkan diusung Microsoft menjadi “sistem hiburan all-in-one terbaik” yang pernah ada. Apa saja yang ditawarkan Xbox One dan apa saja fitur spesial dan persyaratan yang perlu diperhatikan para gamer?

Berikut adalah spesifikasi dan berbagai kelebihan Xbox One seperti yang dijanjikan Microsoft.

  1. Ukuran Xbox One lebih besar dibanding dengan Xbox 360.
  2. Hardware, konsol, sensor dan kontroler Kinect-nya semua berwarna hitam dan keren.
  3. Xbox One ditenagai oleh SoC dari AMD. SoC tersebut dirancang khusus dan dibuat menggunakan proses fabrikasi 40 nm.
  4. Chip baru Xbox One bisa menyajikan performa delapan kali lebih tinggi dibandingkan dengan performa Xbox 360.
  5. Hard disk 500 GB sebagai instalasi standar yang wajib digunakan untuk bermain game.
  6. Instalasi dilakukan via drive Blu-ray yang bisa juga digunakan untuk menonton dari cakram Blu-ray.
  7. Xbox One juga dilengkapi dengan sensor Kinect dan kontroler terbaru yang telah di-upgrade secara drastis guna mengatasi kelamahan pendahulunya.
  8. Xbox One memiliki gestur baru. Contohnya, menggunakan gerakan menggenggam, Xbox One langsung kembali ke Home Screen dan aplikasi.
  9. Xbox One mampu mengenali suara Anda. Cukup katakan “Xbox on” untuk menyalakan konsol tersebut dan mengatakan “TV”, “Music”, atau “Internet Explorer”, Xbox One langsung membuka aplikasi terkait. Fitur tersebut diberi nama “Instant Switching”, ibarat menekan Alt-Tab untuk Xbox.
  10. Snap Mode memungkinkan Anda menjalankan dua aplikasi secara simultan. Dalam gambar ini, pengguna menonton TV sambil melakukan panggilan Skype.

Secara keseluruhan, menurut Microsoft, ada 40 perubahan desain kontroler, termasuk impulse trigger, kompartemen baterai terintegrasi, dan pad arah yang lebih akurat dalam Xbox One ini. Semua fitur tersebut bisa hadir berkat hardware baru Xbox One serta campuran unik tiga sistem operasinya.

Sistem operasi Host menyalakan konsol tersebut kemudian menjalankan dua sistem operasi lainnya, yaitu partisi “Shared” dan partisi “Exclusive.” Partisi “Shared” menangani aplikasi, TV, film, dan music, sedangkan partisi “Exclusive” digunakan khusus game. Tidak perlu lemot karena kebanyakan aplikasi karena pembagian memori pintar memastikan Anda dapat beralih antar aplikasi dengan cepat.

Nah lho, pilih Xbox One atau PS 4? Hayooo!!! (*)

One comment

Terima kasih sudah membaca postingan artikel saya, tinggalkan komentar anda berkaitan dengan postingan ini