Menikmati Video Cara Google Chromecast

Google ChromecastKalau pengen puas nonton sepakbola, tanpa harus tergantung dengan televisi kabel/berlangganan atau parabola, tanpa harus gonta-ganti tv kabel, tanpa harus tergantung cuaca, maka salah satu pilihannya adalah dengan memiliki Google Chromecast. Dengan hanya satu gadget itu, kita streaming video online dari smartphone, tablet, atau laptop ke layar televisi.

Jadi, semisal Anda penggemar sepakbola, tak peduli TV mana yang punya hak siarnya, Anda bisa streaming lalu nonton di TV Anda. Begitu juga dengan penggemar berbagai video, tinggal streaming, sambungkan ke televise, sit back and relax, enjoy the video!     

Sedikit tentang Google Chromecast, gadget ini  diperkenalkan Google pada akhir 2013. Google Chromecast pada dasarnya adalah dongle TV yang memungkinkan pengguna melakukan streaming video online dari smartphone ke layar televise. Syaratnya, terhubung dalam jaringan yang sama. Chromecast terhubung dengan TV melalui koneksi HDMI. Ia mendapat sumber daya dari port USB atau colokan listrik AC.

Menurut Google, jika koneksi yang dimiliki HDMI 4.1, maka Chromecast tidak membutuhkan sumber daya lain. Dilihat dari ukurannya, dimensi Google Chromecast relatif kecil mirip seperti dongle Internet.

Tahapan Memasang Google Chromecast

Katakanlah Anda ingin memasang Google Chromecast sendiri, berikut adalah tips cara memasanganya.

  1. Chromecast dipasang di konektor HDMI TV dan colokan USB atau listrik untuk mendapatkan daya.
  2. Setelah itu, Google Chromecast akan meminta pengguna untuk melakukan setup. Setup dilakukan melalui perangkat yang ingin dipakai, misalnya smartphone atau laptop. Anda akan diminta mengunjungi halaman google.com/chromecast/setup. Anda harus memilih unduhan aplikasi untuk Mac, PC, atau Android.
  3. Setelah itu langkah-langkahnya relative mudah. Anda diminta menghubungkan Google Chromecast dalam jaringan WiFi yang ada.
  4. Jika ingin memasangkannya dengan laptop, Anda akan diminta meng-install plug-in Google Cast di browser Chrome.
  5. Sudah bisa dipakai dan Anda ingin melakukan streaming video,maka Anda bisa melakukan update terbaru aplikasi YouTube, Netflix, atau aplikasi lain yang didukung Chromecast seperti Google Play Movies dan Google Play Music.

Cukup mudah, bukan! Google Chromecast memberikan pengalaman baru, yaitu menonton video dalam TV. Untuk itu, Google membanderol Chromecast dengan harga 350 dollar AS atau sekitar Rp.5 jutaan. Harga tersebut tergolong murah namun tidak mengurangi benefit yang bisa didapatkan. Anda tak lagi harus memiliki fitur SmartTV jika ingin menikmati video YouTube di layar besar. Asyik, ya!

Berikut adalah summary kelebihan dan kekurangan Google Chromecast:

Kelebihan

  • Murah
  • Model dongle yang compact
  • Aplikasi video populer mendukung
  • Tidak terikat satu OS tertentu

Kekurangan

  • Butuh sumber daya eksternal atau harus memiliki koneksi HDMI 4.1
  • Tidak ada akses kontrol video terpusat
  • Dukungan aplikasi masih sedikit
  • Kualitas video saat Tab Casting berkurang
  • Keamanan terbuka, siapa saja bisa mengakses Chromecast asal di jaringan yang sama

Well, the choice is yours!

12 comments

Terima kasih sudah membaca postingan artikel saya, tinggalkan komentar anda berkaitan dengan postingan ini