(kiri) Walikota Administrasi Jakarta Utara Wahyu Haryadi menyerahkan piagam apresiasi bidang lingkungan kepada CSR Manager AHM Yudi Yozardi pada acara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 di halaman Kantor Walikota Jakarta Utara (17/8). AHM mendapatkan penghargaan atas komitmennya di bidang lingkungan dengan membina SMA Negeri 80 Jakarta Utara meraih gelar Sekolah Adiwiyata Mandiri.

Pemkot Jakarta Utara Apresiasi Program Pembinaan Sekolah Adiwiyata AHM

Jakarta – PT Astra Honda Motor (AHM) menerima penghargaan dari Pemerintah Kota Jakarta Utara atas komitmennya di bidang lingkungan dengan membina  SMA Negeri 80 Jakarta Utara hingga meraih gelar bergengsi tingkat nasional sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri. Selain itu, AHM pun mendapat apresiasi atas karya Kampung Proklim di wilayah Sunter Jaya, Jakarta Utara.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Walikota Jakarta Utara Wahyu Haryadi kepada Corporate Social Responsibility (CSR) Manager AHM Yudi Yozardi di puncak peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 di halaman Kantor Walikota Jakarta Utara (17/8). SMA Negeri 80 Jakarta Utara sebagai sekolah binaan AHM menjadi salah satu dari 111 sekolah di Indonesia yang berhasil menyandang status sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri di tahun 2016. Penghargaan Adiwiyata Mandiri telah diterima sekolah tersebut pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2016 Tingkat Nasional di Istana Siak Sri Indrapura Provinsi Riau oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla (22/7). Penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri tersebut kembali diraih oleh sekolah di wilayah Provinsi DKI Jakarta setelah terakhir mendapatkannya di tahun 2012.

Predikat Sekolah Adiwiyata Mandiri merupakan penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kepada sekolah yang dinilai aktif dan berhasil mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran masyarakat dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Selain aktif dan menggalakkan semangat peduli lingkungan, ‎sekolah kandidat penerima penghargaan Adiwiyata Mandiri harus melakukan mentoring terhadap 10 sekolah lain agar juga melakukan upaya pelestarian lingkungan hidup.

Deputy Head of Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan penghargaan ini semakin memberi semangat perusahaan untuk menjaga komitmennya dalam membangun kesadaran berlingkungan hijau, bersih, dan sehat di berbagai elemen masyarakat termasuk generasi muda.

AHM secara konsisten mendorong SMA Negeri 80 untuk menjadi Sekolah Adiwiyata Mandiri dengan memberikan berbagai macam bentuk pembinaan dan pendampingan. SMA Negeri 80 juga difasilitasi oleh AHM untuk memberikan mentoring terkait pelestarian lingkungan hidup kepada 11 Sekolah Satu Hati binaan AHM melalui berbagai bentuk pelatihan dan pendampingan dalam mewujudkan predikat Sekolah Adiwiyata Mandiri. Selain itu, 11 Sekolah Satu Hati tersebut juga dibimbing untuk memenuhi 4 pilar kriteria Sekolah Adiwiyata Mandiri yaitu pembuatan visi dan misi sekolah, pembuatan kurikulum lingkungan terintegrasi, memanfaatkan kegiatan partisipatif, serta menyediakan sarana, prasana, dan alat peraga pendidikan. Sekolah tersebut adalah SMAN 13 Jakarta, SMAN 18 Jakarta, SMAN 40 Jakarta, SMAN 41 Jakarta, SMAN 52 Jakarta, SMAN 72 Jakarta, SMAN 75 Jakarta, SMAN 110 Jakarta, SMAN 115 Jakarta, SMK Hang Tuah 1 Jakarta, dan SMP Hang Tuah 3 Jakarta.

AHM sendiri sejak tahun 2014 telah melakukan pendampingan tentang lingkungan hidup di Sekolah Satu Hati binaannya. Dukungan AHM di antaranya adalah pemberian sarana dan prasarana berupa media pembuatan pupuk kompos padat dan cair, tempat sampah pilah, media tanam hidroponik, tempat cuci tangan, pembenahan tanam sekolah, dan penanaman beraneka ragam tanaman obat keluarga khas Indonesia. AHM juga melibatkan para siswa Sekolah Satu Hati dalam beraneka aktifitas go green untuk semakin menumbuhkan kesadaran berlingkungan.

“Terpilihnya Sekolah Satu Hati binaan AHM menjadi Sekolah Adiwiyata Mandiri menjadi motivasi kami untuk terus berkontribusi membangun Indonesia hijau dengan terus bersinergi dengan berbagai sekolah di masa depan‎.”

Terima kasih sudah membaca postingan artikel saya, tinggalkan komentar anda berkaitan dengan postingan ini