AHM Ajak Blogger Mengenal Batik Gajah Oling, Khas Banyuwangi

Masih dalam rangkaian Sewindu Honda Bikers Day yang diadakan beberapa hari lalu, sehari setelahnya kami diajak AHM mengeksplore Banyuwangi dengan mengunjungi beberapa lokasi wisata di Banyuwangi.
Pagi itu kami mengunjungi pusat perajin batik di desa Tampo, Kecamatan Cluring, Banyuwangi.

Cluring, merupakan salah satu pusat daerah perajin batik di Banyuwangi. Dengan motif gajah oling, batik asli banyuwangi inipun mendunia. Lokasi untuk menuju daerah perajin batik di Desa Tampo, Cluring, Banyuwangi ini dari tempat menginap atau dari Ketapang Indah Hotel adalah lebih kurang 1 jam 14 menit menurut google maps.

Motif Batik Gajah Oling ini dibuat oleh perajin batik dengan kesabaran yang cukup tinggi. Untuk membuat satu lembar kain batik dibutuhkan waktu 3 hari oleh seorang pembatik menyelesaikan kain batik ini. Berbeda dengan kain batik cap yang bisa diselesaikan lebih cepat. Karena di desa Tampo ini, para perajin mengerjakan dengan manual, lewat canting cantingnya.

Harga batik dari perajin batik Desa Tampo ini juga beraneka macam, tergantung dari motif dan tingkat kesulitan membatiknya.

Di pusat perajin batik ini, pengunjung juga bisa langsung mendapatkan kain batik atau bahkan pakaian jadi motif batik gajah oling yang tersedia disini untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Untuk menuju lokasi inipun juga ada transportasi dari Banyuwangi yang siap digunakan atau disewa.

Terima kasih sudah membaca postingan artikel saya, tinggalkan komentar anda berkaitan dengan postingan ini