Alergi Protein Susu Sapi

3 Kiat Terbaik Kendalikan Alergi Protein Susu Sapi Pada Buah Hati

Alergi terhadap susu sapi disebut juga dengan istilah intoleransi laktosa dan memang dialami bayi yang mengkonsumsi susu formula. Hal ini bukan kesalahan produk susu formula hanya saja memang karakter sistem cerna bayi demikian. Meski tidak semua bayi alergi pada susu formula namun beberapa cenderung kesulitan mencernanya karena terbuat dari susu sapi bukan ASI. Memiliki buah hati dengan alergi sepatutnya meningkatkan kesadaran untuk mampu kendalikan alergi tersebut.

Merawat Bayi yang Intoleransi Laktosa

Protein susu sapi atau laktosa memang lebih kompleks sehingga bagi pencernaan bayi lebih sulit untuk dicerna. Sebagai orangtua baiknya paham bagaimana merawat bayi dengan intoleransi laktosa ini, adapun kiatnya antara lain:

  1. Menghentikan susu formula penyebab alergi,

Jika memang diketahui bayi mengalami alergi susu sapi yang berasal dari susu formula yang diberikan orangtuanya. Maka segera saja dihentikan pemberian susu formula tersebut kemudian mencari alternatif lain. Apalagi kini banyak produk susu formula rendah bahkan bebas laktosa di pasaran.

  1. Menghindari pula makanan dengan kandungan laktosa,

Apabila buah hati sudah mulai berkenalan dengan makanan padat maka Kita bisa menyediakan camilan khusus bayi. Bisa berupa buah yang dihaluskan seperti bubur ataupun biskuit khusus untuk bayi. Namun khusus untuk produk makanan bayi dalam kemasan baiknya dicek kandungan bahannya apa saja. Hindari produk makanan bayi yang mengandung laktosa sebab sedikit saja masuk ke pencernaan bayi akan memicu gejala alergi berulang seperti yang pertama.

  1. Berikan makanan tambahan sebagai sumber kalsium,

Makanan tambahan sebagai makanan padat pertama bagi bayi sebaiknya yang kaya akan kalsium mengingat susu formula dengan laktosa sudah digantikan dengan yang rendah atau bebas laktosa ini. Makanan tepat sebagai pengganti sumber kalsium bagi bayi adalah brokoli, tahu putih, dan juga jeruk baby. Pada dasarnya untuk mampu mengenal alergi pada buah hati tidak sulit, yakni menghindari allergen. Kemudian penuhi nutrisinya dengan makanan tepat dan salah satunya SGM LLM yang rendah laktosa. Opsional lain adalah SGM Soya yang terbuat dari kedelai sehingga bebas laktosa.

2 comments

Terima kasih sudah membaca postingan artikel saya, tinggalkan komentar anda berkaitan dengan postingan ini