CANON EOS 1300D

Pilih Kamera DSLR Canon 1300D, Kamera Mirrorless Sony A6000, atau Kamera Pocket Canon G7X Mark II ya? Cek dulu perbandingannyanya disini

Hobi fotografi sangat berkaitan erat dengan teknologi. Dan sama dengan hal lain yang berkaitan dengan teknologi, maka pepatah yang mengatakan “ada uang ada barang” & “you get what you pay for” adalah sangat tepat. Harga Kamera DSLR yang beragam pun kini sudah dapat dijangkau.

Tidak dapat dipungkiri, apabila Anda mencari kamera atau perlengkapan fotografi yang terbaik, maka ada bujet yang harus Anda siapkan.

Beragam Kamera Digital model terbaru dengan resolusi besar pun bisa didapatkan untuk memenuhi hobi fotografi. Semakin canggih kamera yang Anda inginkan akan semakin besar pula bujet yang diperlukan. Karena itu, apabila Anda pemula maka lebih baik yang Anda cari adalah kamera yang paling cocok dan bukan kamera yang paling baik atau canggih. Modal awal dan paling penting bagi semua fotografer bukan pada kecanggihan kameranya tapi pada mata yang terlatih, dan Anda tentu saja sudah memiliki mata. Yang perlu Anda lakukan hanyalah melatih mata tersebut dengan bantuan kamera

Kamera DSLR Canon 1300D

CANON EOS 1300D

Canon kembali memperbaharui kamera DSLR yang paling terjangkau dalam bentuk Canon 1300D atau di Amerika Serikat dinamakan Canon Rebel T6. Kamera ini meneruskan kamera DSLR Canon 1200D yang sudah berusia dua tahun. Ini adalah salah satu Kamera DSLR yang tidak terlalu mahal namun berkualitas.

Harga Kamera DSLR ini dikisaran Rp 5,3 jiuta

Kamera Mirrorless Sony A6000

Sony Alpha A6000

Sony A6000 memang dirancang untuk menggantikan Sony NEX 6 & 7 sekaligus. Ukurannya agak kotak bergaya rangefinder (kamera klasik) dengan jendela bidik di sebelah kiri atas kamera. Sedikit beda dari NEX 6 adalah sisi-sisi bagian atas kamera lebih berbentuk kotak daripada kurva/melengkung dan sedikit lebih tebal (sekitar 2mm). Perubahan ini memberikan kesan yang lebih maskulin. Lalu roda mode dipisah dari roda kendali utama

Sony A6000 memiliki 179 titik phase detection sampai ke ujung gambar (lihat ilustrasi) sedangkan yang NEX 6 atau 5T hanya mencakupi daerah tengahnya saja. Hasil penerapan ini membuat A6000 sangat cepat untuk mengikuti subjek bergerak di kondisi cahaya terang (outdoor). Hanya kamera DSLR paling top yang bisa menandinginya. Di kondisi cahaya yang agak gelap, misalnya interior atau malam hari, sistem autofokus berubah ke sistem deteksi kontras yang lebih lambat. Masih baik untuk subjek gak bergerak tapi lemah untuk mengikuti subjek yang bergerak.

Kehebatan sistem AF ini disertai dengan kecepatan foto berturut-turut yang sangat cepat yaitu 11 foto per detik dengan autofokus continuous. Kehebatan ini hanya bisa disamai oleh kamera yang tingkatnya paling atas di jajaran kamera DSLR seperti Canon 1DX.

Sony A6000 paling cocok untuk penggemar fotografi yang mendambakan kamera yang tidak memberatkan saat jalan-jalan, street photography, fotografi aksi/olahraga dan dokumentasi acara-acara keluarga.

Soal harga, Sony A6000 dijual kisaran Rp 7,9 jutaan

Kamera Pocket Canon G7X Mark II

Canon G7X Mark II

Ukurannya relative kecil sehingga sangat mudah untuk dibawa bahkan kedalam saku juga bisa masuk. Canon G7X juga menggunakan sensor kamera 20 MP 1 inci. Untuk lensa, Canon G7X ini berukuran 24-100mm f/1.8-2.8 Selain itu, kamera ini dibekali dengan LCD yang bisa diputar ke atas serta layarnya touchscreen sehingga memudahkan kita untuk memilik focus atau mengganti setelan.

Untuk harga, Canon G7X Mark II dikisaran Rp 7,6 jutaan

One comment

Terima kasih sudah membaca postingan artikel saya, tinggalkan komentar anda berkaitan dengan postingan ini