Cara Mengatasi Diare

Penyebab dan Cara Mengatasi Diare pada Anak

Diare adalah masalah kesehatan yang sering dialami anak-anak. Kalau tidak segera diatasi, akan berbahaya bagi anak. Oleh karena itu para orang tua perlu tahu bagaimana ciri, penyebab serta mengatasi diare pada anak.

Diare merupakan kondisi yang ditandai dengan encernya tinja yang dikeluarkan dengan frekuensi buang air besar (BAB) yang lebih sering dibandingkan dengan biasanya. Pada umumnya, diare terjadi akibat mengonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri, virus, atau parasit. Biasanya diare hanya berlangsung beberapa hari, namun pada sebagian kasus bisa saj terjadi hingga berminggu-minggu.

Pada anak-anak, gejala diare biasanya akan hilang dalam waktu 5-7 hari atau di bawah dua minggu. Melawan infeksi penyebab diare secara alami yaitu dari sistem kekebalan tubuh manusia. Meskipun dapat dilawan denga sistem kekebalan tubuh, tetapi diare biasanya berlangsung sangat lama dan butuh pengobatan dari luar tubuh.

Diare pada anak bisa disebabkan karena beberapa hal, antara lain:

  • Infeksi parasit, bakteri, atau virus. Bayi dan balita yang menyentuh benda tidak bersih akan rentan terinfeksi karena sering memasukkan tangannya yang kotor ke dalam mulut. Karena anak sedang dalam tahap berkembang akan membuatnya lebih rentan terkena penyakit.
  • Keracunan makanan.
  • Terlalu banyak mengonsumsi jus buah.
  • Alergi dengan obat-obatan tertentu.
  • Alergi dengan makanan tertentu.

Cara  mengatasi diare adalah:

  • Rehidrasi: kamu bisa mengganti cairan yang hilang dengan minum ataupun infus, tetapi infus hanya dilakuakn pada kasus dehidrasi yang berat.
  • Berikan porsi makanan kepada anak minimal memenuhi kebutuhan si kecil: jangan sampai anak tidak makan dan minum, berikan ASI dan berikan makanan lanjutan agar dia tidak sakit.
  • Berikan obat diare kepada anak seminimal mungkin. Berikan obat dengan menggunakan bahan alami terhadap anak, karena pemberian obat antidiari atau antibiotik dapat menyebabkan diare kronik.

Cara mengatasi diare pada anak dengan mengobati menggunakan bahan dasar alami:

  • Membuatkan larutan gula dan garam.

Dengan melarutkan gula dan garam atau biasa disebut larutan oralit, dimana larutan ini digunakan untuk menyeimbangkan jumlah cairan dalam tubuh anak. Larutan ini dapat menggantikan cairan yang keluar dari tubuh anak secara cepat. Cara membuat larutan oralit ini anda cukup dengan sediakan air hangat dengan cara mencampurkan gula dan garam secukupnya, sebaiknya berikan tambahan gula lebih banyak daripada garam agar si kecil mau meminumnya.

  • Memberikan daun jambu biji muda

Salah satu bahan alami yang digunakan untuk meredakan gejala diare yang dialami anak  yaitu Daun jambu biji muda. Daun jambu biji langsung dimakan begitu saja, bisa juga dengan memberikannya buah jambu biji muda yang masih sebesar kelereng.

  • Membuatkan Jamu kunyit

Bahan alami yang dapat menyembuhkan diare pada anak yaitu dengan membuatkan jamu kunyit. Cara membuat jamu kunyit ini anda cukup menyediakan sari kunyit dengan campuran air dan gula agar balita anda suka dengan minuman ini.

One comment

Terima kasih sudah membaca postingan artikel saya, tinggalkan komentar anda berkaitan dengan postingan ini