Menabung

5 Langkah Agar Menabung Lebih Mudah

Banyak dari kita menganggap bahwa gajian merupakan pintu awal untuk bersenang-senang. Namun jika uang gaji hanya dihabiskan untuk foya-foya, lalu kapan menabungnya? Sedangkan menabung merupakan cara terbaik agar bisa hidup aman dan sejahtera di masa depan. Memang sangat sulit melepaskan diri dari godaan duniawi selepas momen gajian. Namun bagi kamu yang terbiasa menghabiskan uang sesaat setelah gajian, sebaiknya segera koreksi kebiasan burukmu tersebut. Nah untuk memandu kamu agar mampu menabung dengan mudah, berikut kami sajikan beberapa tips agar bisa menabung dengan mudah. Yuk mari cek poin-poinnya dibawah ini!

  1. Grand Plan

Membuat grand plan atau rencana jangka panjang merupakan salah satu cara agar kamu mau menabung. Grand plan berarti kamu menuliskan harapan-harapan yang ingin kamu wujudkan di masa depan. Misalnya nih, tulis harapanmu dalam satu tahun, dua tahun, tiga tahun, atau 5 tahun kedepan. Tuliskan secara spesifik dan detail, misalnya dalam satu tahun kedepan, kamu ingin membeli rumah. Maka tuliskan misi-misi yang harus kamu lakukan untuk mencapai impianmu tersebut, seperti memasukan sejumlah uang gaji untuk ditabungkan atau menghemat biaya bulanan. Tulis grand plan tersebut pada secarik kertas, lalu tempel di ruang kerjamu atau di dinding rumahmu.

  1. Jangan Lupa Menetapkan Presentase Tabungan

Jika kamu ingin setingkat lebih profesional dalam menabung, maka mulailah untuk menetapkan presentase tabungan sedini mungkin. Jangan sampai memasukan uang seenaknya kedalam tabungan, karena hal tersebut bisa memicu kebingunganmu akan jumlah tabunganmu yang sebenarnya. Jadi untuk memudahkanmu menghitung jumlah tabunganmu, sebaiknya tetapkan presentase tabungan. Misalnya uang gajimu sebesar 5 juta rupiah, maka kamu bisa menetapkan presentase 20 persen dari uang gajimu sebagai uang tabungan yaitu sebesar 1 juta rupiah. Nah tabungkan uang 1 juta rupiah tersebut secara rutin setiap bulannya.

  1. Berhemat

Setelah membuat grand plan dan menetapkan presentase tabungan, maka langkah selanjutnya yaitu dengan membiasakan diri untuk berhemat. Banyak trik yang dapat kamu lakukan agar bisa berhemat seperti memanfaatkan layanan cashback  yang ditawarkan banyak situs. Nah kamu bisa menemukan banyak penawaran cashback di laman www.hadiah.me. Dengan belanja online cashback di hadiah.me, maka kamu bisa menekan budget bulanan seminim mungkin.

  1. Buka Rekening Tabungan Terpisah

Kamu ‘pun seharusnya mulai memisahkan antara rekening tabungan pribadi dan rekening tabungan bisnis. Hal ini sangat penting terutama jika kamu ingin memulai hidup yang lebih tertata dengan baik.

  1. Tinggalkan Kartu ATM di Rumah

Biasanya saat kita membawa kartu ATM kemana-mana, bawaannya ingin membelanjakannya terus menerus. Nah untuk mencegah kebiasaan buruk tersebut, sebaiknya tinggalkan kartu ATM di rumah saat akan pergi keluar rumah.

Terima kasih sudah membaca postingan artikel saya, tinggalkan komentar anda berkaitan dengan postingan ini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: