Cara Merawat Mobil

Hal-Hal Sepele yang Menyebabkan Mobil Tidak Bisa Distarter

Semua pemilik mobil harus memahami cara merawat mobil dengan benar. Bukan hanya kepemilikan asuransi mobil saja yang mesti diperhatikan, proses perawatan harian pun wajib dilakukan dengan benar. Karena meskipun sudah dilindungi oleh asuransi all risk, kita tetap harus cermat merawat mobil secara mandiri. Kerusakan-kerusakan ringan tak akan membuat kita bolak balik ke bengkel mobil.

Salah satu masalah sepele yang kerap dialami adalah kondisi mobil yang tidak bisa distarter. Jangan panik dulu jika hal ini terjadi pada kita. Kenali dulu hal-hal sepele yang menyebabkan mobil tidak bisa distarter berikut ini:

Kabel Sekring Putus

Kabel sekring utama pada mobil biasanya terletak di dekat kutub positif aki. Usahakan untuk memeriksa bagian ini dengan cermat. Karena kabel sekring yang putus juga bisa membuat mobil tak menyala saat distarter. Kabel sekring harus segera diganti dengan yang baru agar mobil bisa menyala lagi.

Aki Mobil Rusak

Aki yang sudah tidak mengandung daya listrik akan membuat mobil jadi tidak bisa distarter. Kita mesti cermat merawat dan mengganti aki secara berkala agar masalah yang satu ini tidak terjadi. Ketika mobil tak bisa distarter karena akinya rusak, kita harus melakukan proses charging atau segera mengganti aki mobil dengan yang baru.

Posisi Socket dan Kunci Kontak

Masalah mobil yang tak bisa distarter juga bisa terjadi akibat posisi socket dan kunci kontak yang terganggu. Bila tak ada bunyi dinamo ketika kita menyalakan mobil, kemungkinan besar gangguan terjadi pada socket dan kunci kontak. Perbaiki posisi socket dan kunci kontak supaya mobil bisa segera dinyalakan kembali.

Kerusakan pada Busi

Meskipun bentuknya kecil, komponen busi mobil juga memegang peranan penting dalam proses starter mobil. Busi mobil yang rusak akan mengakibatkan mobil jadi tak bisa dinyalakan. Elemen busi lainnya berupa kabel dan koil juga wajib diperhatikan. Karena kedua elemen penting tersebut juga mempengaruhi kinerja busi secara keseluruhan.

Jika kita sudah memahami keempat kerusakan mobil tersebut, niscaya nanti kita tak panik lagi saat mobil tak bisa distarter. Lakukan pemeriksaan secara teratur untuk meminimalkan kerusakan mobil di saat yang tak terduga. Mobil yang dirawat dengan baik pasti memiliki performa yang prima ketika dikendarai.

Terima kasih sudah membaca postingan artikel saya, tinggalkan komentar anda berkaitan dengan postingan ini