Ban Motor

Ban Motor Memiliki Fungsi yang Amat Penting untuk Menjaga Kestabilan Motor

Sepeda motor kini sudah menjadi kendaraan yang amat dibutuhkan oleh banyak masyarakat. Tentunya jika ingin agar performa kendaraan selalu baik, maka Anda juga butuh merawat sepeda motor dengan baik. Perawatan sepeda motor pun bisa dilakukan dengan memasukkannya ke bengkel dan di servis oleh para mekanik. Beberapa perawatan yang umum adalah ganti oli hingga ganti komponen yang sudah aus. Selain itu, jangan lupa perhatikan ban motor Anda karena ban memiliki peran penting dalam berjalannya sepeda motor.

Ban motor memiliki fungsi yang amat penting untuk menjaga kestabilan sepeda motor ketika dipergunakan. Dengan ban yang kondisinya bagus, maka Anda akan bisa mendapatkan kenyamanan ketika berkendara. Namun berbeda jika ban Anda kondisinya sudah terlalu halus karena akan membuat kestabilan motor menjadi berkurang dan mudah tergelincir, terutama ketika kondisi hujan. Ban juga butuh perawatan sehingga bisa selalu awet dan tahan lama. Cara merawat ban pun tidak sembarangan karena Anda butuh tahu bagaimana cara yang tepat.

Berikut ini cara perawatan ban yang bisa Anda lakukan sehingga ban bisa lebih tahan lama:

  • Pastikan agar tekanan ban tidak terlalu besar karena bisa menjadikannya keras dan juga tidak terlalu kecil karena justru membuatnya kempes. Tekanan ban haruslah normal dan standar. Jika diukur, maka tekanannya haruslah tidak kurang dari 30 Psi.
  • Hindari membawa beban maksimum terus menerus. Hal ini karena ban menjadi tumpuan ketika Anda berkendara sehingga jika Anda memberikan beban berat pada motor, maka ban adalah bagian pertama yang banyak menahannya. Selain itu memberikan tekanan besar juga bisa membuat shock menjadi rusak.
  • Periksa selalu kondisi bearing di ban karena apabila tidak pas di bagian leher bannya, maka akan memberikan pengaruh besar ketika dikendarai. Ketika Anda menemukan hal seperti ini, ada baiknya untuk bisa diperbaiki segera karena bisa jadi membuat ban lebih tipis serta tekanan besar.
  • Rajin-rajinlah untuk membersihkan bagian kerikil yang kerapkali menempel di ban setelah Anda bepergian.
  • Hindari untuk kerap melakukan pengereman mendadak karena hal ini bisa membuat ban menjadi mudah tipis.

Selain tahu cara merawatnya, Anda juga ada baiknya untuk tahu apa yang menjadi sebab ban kerapkali bocor atau cepat menipis. Berikut ini beberapa alasannya:

  • Pertama adalah karena Anda sering membawa beban yang berat sehingga tekanan udara pada ban pun semakin besar yang menyebabkan gesekan antar ban serta jalanan semakin tinggi. Dengan begitu lapisan ban juga akan semakin tipis dan mudah bocor.
  • Selain itu, kurangnya tekanan angin di ban juga sering membuat ban menjadi tidak sanggup untuk membawa beban berat yang menjadikan kelebaran ban pun tidak sesuai standar kapasitasnya.
  • Bagi Anda yang suka memodifikasi motor, maka pastikan untuk mengecek kembali bagian velgnya. Ada kemungkinan jika lapisan dalam di bagian velg kasar sehingga ketika ban bergesekan dengan jalan pun akan menjadikannya lecet di bagian dalam ban yang membuatnya makin rentan bocor.

Itulah beberapa hal yang bisa membuat ban motor menjadi mudah tipis dan bocor. Ada baiknya jika Anda selalu mengecek kondisi ban sebelum bepergian mulai dari tekanan angin, ketipisan ban dan lainnya sehingga ketika melakukan perjalanan bisa lebih nyaman. Kini berbagai jenis ban hingga aksesoris motor sudah tersedia di banyak situs belanja online sehingga Anda bisa semakin mudah untuk memilikinya.

Terima kasih sudah membaca postingan artikel saya, tinggalkan komentar anda berkaitan dengan postingan ini