Minyak Goreng

Tips Cerdas Memilih Minyak Goreng Berkualitas

Sebagai ibu rumah tangga, pastinya sudah wajar bila anda memiliki agenda rutin yang harus dilakukan, yaitu belanja bulanan. Biasanya dalam belanja bulanan anda akan membeli berbagai bahan-bahan untuk mengisi dapur dan kebutuhan sehari-hari sebagai bahan persediaan untuk satu bulan kedepan. Dan tentunya salah satu bahan dapur yang tak boleh terlewatkan adalah minyak goreng. Karena minyak goreng menjadi bahan yang selalu dibutuhkan dalam hampir semua masakan.

Namun sayangnya, tak semua minyak goreng yang dijual di pasaran atau di supermarket memiliki kualitas yang bagus. Ada beberapa minyak goreng yang tidak menyehatkan bagi tubuh. Untuk itu sebagai ibu rumah tangga yang bijak hendaknya mengetahui tips memilih minyak goreng berkualitas agar seluruh anggota keluarga dapat terjaga kesehatannya.

Cara Memilih minyak Goreng yang Berkualitas

  1. Karakteristik Minyak Goreng

Tips pertama adalah dilihat dari segi karakteristik minyak goreng itu sendiri. Karakteristik tersebut diantaranya adalah kejernihan dan kekentalan. Minyak goreng yang berkualitas dan sehat adalah minyak goreng yang  memiliki karakteristik minyaknya yang jernih dan minyak tersebut tidak terlalu kental.

Namun ketika anda memilih minyak dengan karakteristik yang berbanding terbalik dengan pernyataan di atas, maka bisa berisiko tinggi terkena deretan penyakit berbahaya seperti kanker, kolesterol jahat dan masih banyak lagi.

  1. Aroma dan Warna

Hal penting kedua yang perlu anda perhatikan adalah soal aroma minyak dan warna dari minyak goreng yang akan anda beli. Biasanya anda sudah bisa mencium aroma minyak goreng tersebut walaupun hanya dari luar saja. Pastikan bahwa minyak goreng tidak memiliki bau yang tengik. Seperti yang dijelaskan pada point pertama bahwa minyak goreng yang sehat memiliki warna yang bening dan juga jernih.

  1. Komposisi Minyak

Hal ketiga yang penting untuk anda perhatikan adalah komposisi minyak goreng yang akan anda beli. Komposisi minyak goreng yang berkualitas dan sehat adalah memiliki kandungan lemak jenuh yang sedikit. Pastinya anda tidak ingin seluruh anggota anda mengkonsumsi makanan yang tidak sehat bukan? untuk itu anda harus lebih jeli dalam memilih minyak goreng yang sehat. Ketika minyak goreng yang anda beli memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi nantinya akan berisiko terkena penyakit jantung.

  1. Kandungan Omega 3

Tips yang keempat adalah pilihlah minyak goreng yang memiliki kandungan omega 3 tinggi. Kandungan omega 3 yang ada di dalam minyak goreng tersebut ternyata dapat membantu kesehatan jantung anda. Sehingga keluarga anda akan terhindar dari penyakit jantung yang dapat menyebabkan kematian. Untuk itu selalu cek komposisi yang terdapat pada minyak goreng sebelum anda membelinya.

  1. Penggunaan Minyak Goreng

Tips yang kelima adalah perhatikan cara penggunaan minyak goreng itu sendiri. Caranya adalah jangan sampai menggunakan minyak goreng secara berulang-ulang, maksudnya ketika minyak goreng sudah pernah anda gunakan untuk menggoreng sesuatu, maka jangan menggunakan minyak goreng pertama untuk menggoreng makanan berikutnya.

Selain itu ketika menggoreng, jangan sampai minyak goreng anda terlalu panas, karena ketika minyak goreng yang akan digunakan terlalu panas, nantinya akan mematikan vitamin yang terkandung dalam minyak goreng dan bisa menyebabkan pembentukan radikal bebas yang berbahaya untuk tubuh.

Nah, itu adalah beberapa informasi mengenai cara memilih minyak goreng berkualitas dan sehat untuk tubuh. Mulai sekarang anda harus lebih cerdas dan jeli dalam membeli minyak goreng agar keluarga tercinta terhindar dari penyakit-penyakit yang tidak diinginkan.

Terima kasih sudah membaca postingan artikel saya, tinggalkan komentar anda berkaitan dengan postingan ini