matcha Indonesia

Sejarah matcha hingga hadir di indonesia

Sejarah teh hijau ini berasal dari Negara Cina, yang lebih dulu menggunakan teh hijau sebagai pengobatan sejak 4.000 tahun yang lalu. Saat ini peneliti nutrisi menemukan bahwa teh hijau bermanfaat bagi kesehatan. Pada tahun 1994, sebuah jurnal yang diterbitkan untuk ahli kangker mengatakan bahwa teh hijau yang dikunsumsi oleh masyarakat Cina membuat mereka terhindar dari penyakit  kangker. Bahkan bukti baru menemukan dengan minum teh secara rutin dapat menurunkan kolesterol darah. Sejarah Cina menyebutkan teh hijau digunakan sebagai minuman sejak 2700 tahun sebelum Masehi di zaman dinasti Kaisar Shen Nung, tetapi dalam kamus kuno pada 350 tahun sebelum Masehi. Sekitar 200 tahun sebelum Masehi disebutkan daun teh berkhasiat menghilangkan racun racun dalam tubuh.

Sedangkan matcha Indonesia sendiri merupakan tanaman teh pertama dikembangkan oleh kolonial Belanda sehingga dapat diekspor ke negeri mereka tersebut. Hingga pada masa kemerdekaan Indonesia usaha industri Teh diambil alih dan diperbaiki oleh pemerintah indonesia.

Penelitian mengenai manfaat teh hijau terus dilakukan sampai pada tahun 2004 baru diketahuilah adanya komponen didalam teh hijau kaya akan antioksidan.

Green tea saat ini terbuat dari bubuk matcha yaitu the hijau yang dihaluskan menjadi bentuk bubuk, yang kemudian dicampur juga dengan gula. Rasanya akan manis ketika dicicipioleh penikmatnya. Berbeda dengan green tea yang asli yang mungkin rasanya tidak Anda suka karena lebih sepat dan juga pahit.

Nah, manfaat yang juga didapatkan dari teh hijau beragam tapi menyehatkan. Teh hijau itu sendiri merupakan teh yang umum di Jepang sehingga bila anda menyebut icha atau teh maka kemungkinan yang dimaksudkan adalah teh hijau. Teh umumnya dijual dengan harga yang sesuai dengan kualitas dan bagian dari tanaman yang dibuat untuk daun teh. Salah satu jenis teh hijau yang ada adalah Gyokuro, sebuah teh yang terpilih dari daun teh kelas atas terbaik yang disebut dengan Tencha. Teh ini dinamakan Gyokuro karena karena teh ini berwarna hijau pucat. Daun dilindungi dari terpaan sinar matahari sehingga teh ini menghasilkan aroma yang sangat harum.

Terima kasih sudah membaca postingan artikel saya, tinggalkan komentar anda berkaitan dengan postingan ini