Nutrisi Terbaik Untuk 1000 Hari Pertama Kehidupan

Nutrisi Untuk Bangsa

Beberapa hari lalu saya mengikuti talkshow bersama Nutrisi Untuk Bangsa yang diadakan di Yogyakarta. Discussion atau talkshow ini diadakan di Mezzanine Jogja, Jalan Palagan Tentara Pelajar KM 8 No.30, Sariharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta .

Keikutsertaan saya disini adalah memenuhi informasi yang saya dapatkan pada sebuah post event yang diadakan bersama Komunitas Blogger Jogja yang dipost oleh Atanasia Rian, dan kebetulan saya terpilih menjadi salah satu peserta yang bisa hadir pada acara ini. Acara ini sendiri diadakan pada sabtu 10 Februari 2018 dengan peserta lebih kurang 50an.

Mau tahu lokasi dimana cara ini diselenggarakan. Lokasinya ada di sebuah cafe dan resto bernama Mezzanine. Orang jogja pasti sudah tahu ini lokasinya. Berada di Jalan Palagan Tentara Pelajar KM 8 No.30, Sariharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya sendiri tidak begitu jauh dari Hyatt Hotel maupun Monumen Jogja Kembali.

Sekitar jam 9 pagi saya berangkat dari Stasiun Madiun naik Argo Wilis untuk menuju Jogja. Tiba di Jogja sekitar jam 11.18. Kemudian saya melanjutkan perjalanan dengan menggunakan Go-Jek motor untuk menuju ke lokasi event. Setibanya disana, saya langsunhg registrasi dan menuju venue acara.

Nutrisi Untuk Bangsa

Nutrisi Untuk Bangsa

Sesampainya di Mezzanine Jogja, saya bertemu dengan rekan-rekan blogger Jogja yang sudah duluan sampai di lokasi.

Nutrisi Untuk Bangsa

Acara diskusi ini mengambil tema “1000 hari pertama kehidupan”. Acara dimulai dengan agenda makan siang sebelumnya.

Nutrisi Terbaik 1000 hari pertama kehidupan

Lepas pukul 13.00 siang, setelah agenda makan siang acarapun dimulai. Acara diskusi ini dipandu oleh MC Artika Amelia.

Nutrisi Terbaik 1000 hari pertama kehidupan

Dalam kesempatan ini, menghadirkan dua orang pembicara yang berkompeten di bidang kesehatan. Ada dua narasumber, yaitu

  1. Dr. Endy Paryanto Prawirohartono, MPH, SpAk
  2. Bidan Nunik Endang Sunarsih

Pada session pertama diskusi kesehatan ini diisi oleh Dr. Endy salah satu dokter spesialis anak di salah satu rumah sakit di jogja. Dr. Endy memberikan materi tentang 1000 hari pertama kehidupan. Dimulai dari pengantar dimana 1000 hari pertama kehidupan ini hingga bagaimana memberikan nutrisi terbaik ketika bayi sudah lahir.

Dari tadi nyebut yang namanya 1000 hari pertama kehidupan atau 1000 hpk. Sebenarnya apa sih maksudnya? Nah, 1000 hari pertama kehidupan ini adalah dimulai dari pembuahan sampai dengan umur bayi 2 tahun.

Mengapa 1000 hari pertama kehidupan sangat penting? Karena 1000 hari pertama kehidupan ini akan menentukan masa depan kita semua. Pada usia kehamilan, istilah bayi bisa disebut jika anak sudah lahir. Namun pada saat masih dalam kandungan sebutannya adalah janin.

Pada awal kehamilan ini adalah masa yang sangat penting dan rawan bagi ibu hamil. Karena pada masa ini sangat rawan terjadi kelainan pada janin yang dikandung. Selain itu pada masa-masa kehamilan ini, terjadi banyak tantangan yang harus dihadapi, misalnya muntah, mual, dan sebagainya yang tentu akan dialami oleh ibu hamil.

Masa kehamilan ini bisa dibagi menjadi tri semester. 3 semester awal kehamilan, 3 bulan pertama 3 bulan kedua, dan 3 bulan ketiga.

Pada awal kehamilan Dr. Endy menyarankan kepada ibu hamil untuk mengkonsumsi juice wortel. Juice wortel ini punya banyak khasiat untuk kehamilannya nanti. Selain itu asam folat sangat penting juga pada proses kehamilan ini dan wajib dikonsumsi oleh ibu hamil.

Setelah kelahiran, makanan yang tepat untuk diberikan kepada bayi adalah ASI. ASI ini bisa menekan kematian pada bayi lahir sebesar 22%. Selanjutnya bayi lahir yang sudah berusia 6 bulan, bisa diberikan Makanan Pendamping ASI (MPASI).

Bahan baku yang digunakan untuk makanan pendamping ASI ini adalah beras. Tentu dalam penyajiannya pun harus bersih, tanpa pengawet, komposisinya lengkap. Dalam hal ini, ibu juga bisa berkonsultasi dengan dokter anak.

Session kedua kemudian diisi oleh Bidan Nunik Endang Sunarsih, salah satu bidan di Jogja yang membantu proses persalinan. Dan Bidan Nunik ini membawa peserta pada pengetahuan tentang tumbuh kembang anak.

Nutrisi Terbaik 1000 Hari Pertama Kehidupan

Setelah kedua narasumber ini memberikan materi, acara dilanjutkan dengan session cooking class dengan 2 chef yang mengajak peserta untuk membuat makanan bergizi dengan nutrisi terbaik.

Nutrisi Terbaik 1000 Hari Pertama Kehidupan

Nutrisi Terbaik 1000 Hari Pertama Kehidupan
Salah satu makanan yang dibuat oleh Chef diacara ini

Nutrisi Terbaik 1000 Hari Pertama Kehidupan

Semoga acara ini akan diadakan kembali diwaktu yang akan datang. Dan akhirnya dari event ini, bisa lebih mengetahui tentang 1000 hari pertama kehidupan. Dimana pemberian nutrisi terbaik itu akan menentukan masa depan kita.

Selanjutnya … (bersambung)

Rika Verry Kurniawan
Techno & Social Media Enthusiast #Blogger #Buzzer #Journalist #MC #Speakers | #Traveling | Like A #Music | Part Of @BlogNusantara | Lulusan @11MaretUniv

2 thoughts on “Nutrisi Terbaik Untuk 1000 Hari Pertama Kehidupan

Terima kasih sudah membaca postingan artikel saya, tinggalkan komentar anda berkaitan dengan postingan ini

%d blogger menyukai ini: