Inilah 4 Hal yang Wajib Dijauhkan dari Kamera Canon EOS Agar Tidak Mudah Rusak

Kamera Canon EOS

Ada banyak alasan yang membuat anak muda saat ini senang mengoleksi kamera di rumah, meskipun pada dasarnya juga sudah memiliki smartphone yang dilengkapi dengan adanya fiture kamera tentunya sudah cukup menunjang pengambilan gambar berkualitas. Hobby fotografi ini memang bisa dipicu karena perkembangan teknologi yang membuat setiap orang ingin menjadi jauh lebih eksis di dunia maya. Untuk mendapatkan hasil jepretan atau video yang berkualitas, pastinya juga harus memiliki sarana yang canggih, seperti diantaranya adalah kamera Canon EOS.

Brand Canon ini sudah lama dikenal oleh masyarakat Indonesia salah satu merk yang menyediakan produk kamera handal. Sehingga tidak bisa dipungkiri jika banyak yang meliriknya sebagai pilihan. Apalagi jika melihat dari segi jenis kamera keluaran Canon ini sendiri terbilang cukup bervariatif juga, diantaranya mulai dari produk kamera saku sampai dengan DSLR hingga mirrorless bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Berbicara mengenai jenis kamera Canon tersebut, tak bisa dipungkiri bahwa beragam jenis, maka tawaran harga dan kualitasnya juga berbeda-beda. Jika ingin mengabadikan gambar berkualitas layaknya seorang profesional, agaknya jenis yang harus Anda jadikan sebagai pilihan adalah DSLR. Kamera ini dibekali dengan berbagai macam fiture untuk mengambil obyek-objek menarik. Meskipun dari segi kualitasnya bagus, namun perawatannya juga lebih sulit, mengingat produk kamera DSLR ini memang jadi yang paling mudah rusak. Berikut ini diantaranya beberapa hal yang harus dijauhkan dari kamera Anda, diantaranya adalah:

  1. Air, bukan sebuah rahasia lagi jika seandainya air ini adalah musuh utama dari DSLR, karena jika sampai masuk ke bagian dalam maka secara otomatis akan membuat kamera tersebut mati atau tidak bisa dijalankan lagi. Lalu bagaimana caranya seorang fotografer underwater mengambil gambar di dalam laut. Ada sebuah alat khusus yang umumnya digunakan untuk melindungi kamera tersebut pada saat pemakaian di dalam air sehingga tidak rusak.
  2. Debu, hal lainnya yang juga harus diwaspadai adalah debu, apalagi untuk bagian utama kamera yaitu lensa, karena jika debu sudah masuk ke dalamnya, maka jaminan gambar yang masuk tidak akan bersih, karena bagian lensa utama tertutup dengan tumpukan debu tersebut. Untuk itu akan lebih baik menyimpannya di dalam tas ketika tidak digunakan, rajin-rajin juga membersihkan lensa kamera tersebut.
  3. Pasir, bagi beberapa orang yang memiliki kegemaran memotret laut atau pantai, sering kali pastinya frame kamera tersebut akan penuh dengan pasir karena salah penempatan, meskipun ukuran butirannya lebih besar dibandingkan dengan debu, namun tetap saja akan sulit untuk membersihkannya. Bahkan jika nantinya butiran pasir masuk kedalam kamera akan menyebabkan masalah yang lebih serius lagi, bukan hanya hasil gambar yang kotor, melainkan juga dapat menyebabkan goresan-goresan kecil.
  4. Benturan dengan benda keras, meskipun pada bagian body atau badan sebuah kamera DSLR dilengkapi dengan bahan yang kuat layaknya metal, namun jika dikenai benturan secara terus menerus berakibat fatal ke bagian dalam kamera tersebut. Bisa jadi salah satu komponennya mengalami kerusakan atau yang paling parah adalah lensa akan pecah. Ketahui bahwa harga sebuah lensa inilah yang paling mahal pada kamera.

Jadi hati-hati di dalam menggunakan kamera Canon Anda, pastikan untuk menjauhkan dari beberapa hal di atas, termasuk diantaranya adalah lingkungan atau tempat penyimpanan yang lembab, karena bisa memicu munculnya jamur di bagian lensa.

Rika Verry Kurniawan

Techno & Social Media Enthusiast #Blogger #Buzzer #Journalist #MC #Speakers | #Traveling | Like A #Music | Part Of @BlogNusantara | Lulusan @11MaretUniv

Terima kasih sudah membaca postingan artikel saya, tinggalkan komentar anda berkaitan dengan postingan ini

%d blogger menyukai ini: