Asus X555QA

Review Asus X555QA, Laptop Dengan Layar Besar Tapi Bobot Ringan

Beberapa waktu lalu ASUS merilis laptop terbarunya ke Indonesia. ASUS memboyong salah satu dari 4 laptop terbaru yang menggandeng AMD, notebook ini salah satunya adalah ASUS X555QA.

Kerjasama antara ASUS dan AMD ini menambah deretan notebook ASUS yang dipersenjatai dengan processor AMD dengan harga terjangkau dan kemampuan yang bisa diandalkan.

Asus X555QA

Desain

Untuk urusan soal Desain ASUS X555QA sebetulnya tidak ada yang istimewa. Desain yang diusung masih serupa dengan kebanyakan produk laptop ASUS seri X. Desainnya masih terlihat mewah dan cukup memuaskan.

Bahan-bahan yang digunakan di Asus X555QA ini menggunakan material plastik finishing desainnya sangat bagus dan terlihat kokoh. ASUS memberikan desain metal brush pada setiap bagian laptop ini, baik di lapisan luar layar serta bagian dalam pada penampang keyboard.

Asus X555QA

Asus X555QA

Layar dan Berat

Kemudian dari sisi layar, ASUS X555QA ini memiliki ukuran layar 15,6 inci serta terdapat optical disc drive tentu membuat laptop ini lebar dan tebal. Namun ada lebihnya, ASUS tampak berhasil memangkasnya sehingga bobotnya cukup ringan. Dengan dimensi 328 x 256 x 25,8 mm bobotnya hanya 2,3kg.

Asus X555QA

ASUS menyertakan keyboard yang lengkap dengan tombol numpad di bagian kanan. Tak hanya itu saja tersedia ruang yang cukup luas untuk penampang tangan serta trackpad ASUS X555QA cukup nyaman untuk mengetik.

Asus X555QA

Asus X555QA

Asus X555QA

Asus X555QA

 

Fitur

Berbekal panel layar LCD dengan ukuran 15,6 inci, ASUS X555QA dibekali resolusi layar 1366 x 768. Selama penggunaannya untuk harian, layarnya sangat nyaman dengan kualitas warna yang cerah.

Seperti yang sudah saya ulas diatas, ASUS berhasil memangkas bobot dari X555QA menjadi cukup ringan untuk digenggam dengan satu tangan, tanpa menghilangkan beberapa fitur tambahan yang ada di tiap sisi laptop ini.

Asus X555QA

Asus X555QA memiliki beberapa port yang cukup lengkap. Port yang dimiliki ASUS X5555QA sangat lengkap, mulai dari LAN, 1 port USB  2.0, 2 port USB 3.0, HDMI, VGA, dan lubang card reader yang mendukung jenis kartu memori SD, SDXC, dan SDHC. Satu lagi yang melengkapi fitur notebook ASUS X555QA ini adalah hadirnya optical disk drive berupa super multi DVD yang turut disematkan.

Konektivitas

Untuk konektivitasnya sendiri, ASUS X555QA juga dibekali builtin Bluetooth 4.0 yang mendukung proses transfer data jauh lebih cepat dan juga koneksi Wi-FI Intergrated 802.11 AC dan 902.11 b/g/n.

Entertainment/Sound

Dari sisi audio ASUS membenamkan Fitur SonicMaster. Kualitas suara yang dihasilkan cukup jernih dan bulat alias tidak pecah saat volume dimaksimalkan. Untuk memutar suara baik dari file maupun audio maupun video streaming, hasil suaranya sangat memuaskan.

Asus X555QA

Performa

Menjalin kerja sama dengan AMD, ASUS X555QA hadir dengan prosesor seri A. Prosesor yang digunakaan di laptop ini adalah AMD A10-9620P dengan kartu grafis terintegrasi AMD Radeon R5 430. Prosesor ini bukan tergolong yang terjuat di jajaran produk AMD.

RAM dan Storage

Kapasitas RAM yang disediakan sebesar 4GB dan 8GB, tapi yang saya lakukan pengujian kali ini adalah ASUS X555QA dengan RAM 4GB. Untuk kapasitas penytimpanannya sendiri sebesar 1TB dengan jenis perangkat HDD.

Kapasitas RAM yang tersedia memang sesuai dengan harga. Ruang penyimpanan 1TB adalah nilai lebih yang bagi sebuah laptop yang digolongkan sebagai laptop harga terjangkau.

Video/Grafis

Untuk kartu grafisnya, sangat disayangkan laptop ini hanya dibekali dengan kartu grafis terintegrasi AMD Radeon R5 430 dengan video RAM 2GB.

Untuk kebutuhan rendering foto atau video, dengan software Cinebench laptop ASUS  X555QA mampu melakukan proses rendering cukup baik dan masih bisa ditoleransi.

Baterai

ASUS mengklaim X555QA mampu bertahan hingga 10 jam. Berdasarkan pengujian menggunakan software PC Mark laptop ini hanya mampu bertahan untuk pemakaian selama 2 jam 18 menit. Berdasarkan penggunaan langsung, ASUS X555QA juga tidak mampu bertahan hingga 5 jam.

Kesimpulan
ASUS X555QA memang bukan laptop gaming maupun laptop mainstream superior. Ada dua hal yang patut diperhatikan yakni dari spesifikasi dan harganya. Prosesor yang dipergunakan AMD mampu menyediakan kemampuan yang sesuai dengan kebutuhan yang cukup bisa diandalkan meski harganya terjangkau.

Kekurangan dari Notebook Asus X555QA ini tidak mampu untuk memainkan game kelas AAA yang kini ramai dirilis. Untuk game lain atau game yang tidak terlalu berfokus pada grafis masih bisa lah ya. Harganya pun bisa dikatakan masih terjangkau sehingga spesifikasi yang diberikan sebanding dengan harganya.

Bagi Anda yang menginginkan laptop dengan layar besar tapi bobot ringan, ASUS X555QA sangat tepat.

Terima kasih sudah membaca postingan artikel saya, tinggalkan komentar anda berkaitan dengan postingan ini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: