Pertalite atau Pertamax

Pertamax Atau Pertalite?

Saat ini pada umumnya, mobil-mobil baru keluaran pabrik sudah disarankan untuk menggunakan bahan bakar dengan oktan 90. Namun apakah oktan 90 ini akan berpengaruh pada kendaraan kita? Apakah kita akan menggunakannya ataukah kita akan menggunakan yang lebih dari 90 oktannya?

Pemerintah bersama ATPM sudah mensyaratkan mobil-mobil seperti mobil Low Cost Green Car (LCGC) dengan menggunakan bahan bakar beroktan 90. Begitu juga dengan mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) setidaknya menggunakan bahan bakar beroktan 90. Seperti diketahui bahwa bahan bakar yang memiliki oktan 90 saat ini yakni jenis Pertalite. 

Jika dibandingkan dengan bahan bakar jenis premium, dan pertamax, jenis bahan bakar Pertalite ini berada di tengah.  Premium memiliki nilai oktan 88, sedangkan Pertalite memiliki RON 90, Pertamax sebesar 92. dan Pertamax Plus sebesar 95.  Semakin tinggi nilai oktannya, maka BBM lebih lambat terbakar, sehingga tidak meninggalkan residu pada mesin yang bisa mengganggu kinerjanya.

Untuk soal harga, Premium masih berada di harga paling bawah diantara Pertalite, Pertamax, dan Pertamax Plus. Namun beberapa pengisian bahan bakar, saat ini premium sangat jarang ditemukan. Minimal adalah jenis Pertalite yang tersedia.

Ada yang bilang pertamax lebih irit, ada yang bilang pertalite lebih stabil. Nah bagaimana dengan anda?

Sejauh mana kendaraan bro sis ini pakai jenis pertalite, atau pertamax. Bagaimana dengan kondisi saat sedang berkendara. Apakah ada pengaruh yang dirasakan selama ini?

Share di kolom komentar ya bro sis?

Terima kasih sudah membaca postingan artikel saya, tinggalkan komentar anda berkaitan dengan postingan ini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: