Cara Mudah Klaim BPJS Kesehatan Jika Berada diluar Wilayah Faskes

Beberapa hari yang lalu saya sempat mengalami sedikit kondisi yang mengharuskan saya untuk dibawa ke salah satu rumah sakit di Madiun, Jawa Timur. Saat ini kartu BPJS Kesehatan saya masih terdaftar pada faskes di wilayah Sukoharjo, Jawa Tengah. Lalu bagaimana menggunakan BPJS Kesehatan diluar wilayah?

Jadi kejadiannya sabtu, 19 Januari 2019 lalu saya harus dibawa ke IGD karena mendadak keram perut pada bagian perut yang lumayan sakitnya. Waktu itu memang belum terdiagnosa apa yang sebenarnya saya alami. Sehingga pada akhirnya sekitar jam 22.00 saya dibawa ke Rumah Sakit Dr. Soedono, Madiun di Instalasi Gawat Darurat.

Alurnya adalah dilakukan pendaftaran pada loket pendaftaran pasien, dengan menyertakan kartu tanda pengenal bisa KTP maupun SIM, serta kartu BPJS Kesehatan. Setelah dilakukan pendaftaran, akan mendapat semacam tanda pasien terdaftar untuk kemudian dibawa ke ruang IGD. Kemudian bagian administrasi IGD akan melakukan tindakan, jika diperlukan perlu pengobatan rawat jalan apa perlu rawat inap. Nah, setelah itu akan diberikan resep untuk bisa ditukar pada apotek di rumah sakit tersebut.

Nah, sampai disini apakah BPJS Kesehatan ini berlaku di Instalasi Gawat Darurat? Sejauh pengalaman saya kemarin, layanan BPJS Kesehatan mengcover seluruh perawatan selama di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit dr. Soedono Madiun. Tapi apakah berlaku juga untuk mengcover seluruh biaya perawatan jika rawat inap? Untuk rawat inap, sebagian biaya atau bahkan bisa keseluruhan biaya akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan, namun wajib untuk menggunakan pengantar atau rujukan dari dokter keluarga atau faskes tingkat pertama yang dipilih pada saat melakukan pendaftaran BPJS.

Jadi ingat, jika terjadi hal-hal yang mengharuskan untuk berobat diluar kota saat kondisi tertentu tetap bisa dilayani di Instalasi Gawat Darurat dengan menggunakan BPJS Kesehatan. Namun jika untuk rawat inap, untuk mendapatkan pertanggungan wajib menggunakan pengantar dari puskesmas, dokter umum, atau faskes tingkat pertama.

Semoga bermanfaat, dan mohon dikoreksi jika ada pengalaman atau ketentuan lain yang berlaku.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, tinggalkan komentar anda dibawah

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: