Langkah-Langkah Penting yang Wajib Dilakukan Setelah Sakit

Keadaan cuaca belakangan ini yang panas dan hujan kerap silih berganti di luar dugaan rupanya memengaruhi sistem kekebalan tubuh manusia. Tak heran banyak yang menunda aktivitas karena harus bed rest demi melawan penyakit-penyakit yang menyerang.

Kalau upaya kita untuk berobat ke dokter saat sakit jadi lebih mudah karena sudah bayar BPJS, ketika tubuh sudah berangsur membaik, kamu juga wajib memperhatikan langkah-langkah yang wajib dilakukan agar tubuh tak mudah kembali tumbang. Simak langkah-langkah mudahnya berikut ini!

  1. Mengkonsumsi Jus Sayuran

Hal yang selalu terjadi ketika kita sedang sakit adalah menurunnya nafsu makan, bahkan penurunan kerap terjadi secara drastis. Kalau nafsu makan kita tak ditingkatkan, kesembuhan pun semakin sulit didapat. Salah satu cara untuk mendongkrak nafsu makan adalah dengan mengkonsumsi jus sayuran, misalnya bayam dan wortel. Kalau nafsu makan membaik, asupan nutrisi pun akan terpenuhi dan sistem imun dapat kembali melindungi tubuh kita dari serangan virus dan bakteri pemicu penyakit lain.

2. Diet Makanan Sehat

Bukan diet penuh siksaan seperti ketika ingin menurunkan berat badan. Diet makanan sehat lebih mengarahkan kita kepada pola makan sehat yang juga dapat meningkatkan sistem kerja imun. Untuk itu, hindarilah makanan yang tinggi gula, makanan olahan, dan sebaiknya makan sayur organic.

3. Tingkatkan Asupan Magnesium

Kenyataannya, sebagian besar orang kekurangan magnesium. Padahal, lebih dari 300 fungsi metabolism memerlukan asupan magnesium yang cukup supaya dapat bekerja dengan baik. Untuk memenuhi kebutuhan zat tersebut, perbanyaklah mengkonsumsi sayuran hijau, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

4. Makan Bawang Putih

Bawang putih sangat dikenal dan dipercaya sebagai antibiotic alami sejak zaman dulu. Kamu bisa memanfaatkannya dengan mengkonsumsi campuran bawang putih dan madu. Campuran ini juga bisa kamu mix dengan menu-menu diet makanan sehat kamu pasca sakit.

5. Perbanyak Asupan Air Putih

Air putih selalu menjadi kunci utama dalam kelancaran sistem kerja organ tubuh, termasuk imun. Jangan sampai asupan air putih dalam tubuhmu kurang dari 8 gelas per harinya supaya tubuh tak kekurangan cairan dan aliran darah jadi lebih lancar.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, tinggalkan komentar anda dibawah

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: