Regional Safety Riding Competition Yogyakarta 2019 Hadirkan Tantangan Baru

Memperkuat komitmen Honda dalam mewujudkan Indonesia Aman Berlalulintas sekaligus mempersiapkan wakil Yogyakarta di Kompetisi Safety Riding Nasional 2019, Astra Motor Yogyakarta menggelar Regional Safety Riding Competition Yogyakarta 2019. Dihelat di Astra Motor Safety Riding Center Yogyakarta (30/3), 40 peserta yang berasal dari komunitas motor Honda tipe Cub, AT, dan sport baik dari wilayah Yogyakarta dan Kedu mengadu skill mereka dalam berkendara menggunakan sepeda motor.

Community & Safety Riding Supervisor Astra Motor Yogyakarta Muhammad Ali Iqbal mengungkapkan bahwa pada kompetisi tingkat regional tahun ini Astra Motor Yogyakarta menghadirkan tantangan baru. Selain untuk menjadikan kegiatan ini lebih kompetitif juga mempersiapkan calon wakil Yogyakarta di ajang tingkat nasional.

“Sebagai tantangan baru tahun ini kami menghadirkan tahapan penilaian berupa Low Speed Challenge. Tahapan penilaian ini menggantikan tahapan Narrow Plank Challenge yang telah kami gunakan dalam beberapa tahun terakhir. Dibandingkan dengan Narrow Plank Challenge,Low Speed Challenge memiliki tantangan yang sulit dan membutuhkan skill yang lebih tinggi.”

Low Speed Challenge mengharuskan peserta melewati rute yang telah ditentukan dimana rute ini memiliki banyak tikungan dan sudut sempit. Selain menuntut pengendalian yang presisi Low Speed Challenge juga menguji keseimbangan peserta karena pada titik-titik tertentu yang jarak antar pembatasnya rapat, kecepatan peserta harus sangat rendah dan bahkan hampir berhenti tanpa menurunkan kaki untuk berpijak.

Selain tes teori tertulis  yang telah dilaksanakan sebelumnya dan Low Speed Challenge, tahapan penilaian terakhir dalam kompetisi tahun ini adalah Slalom CourseSlalom Course menitikberatkan pada penilaian keterampilan berkendara peserta dimana peserta beradu ketrampilan untuk melewati lintasan yang telah dipersiapkan dengan cepat tanpa melanggar batas-batas lintasan yang telah ditentukan.

Dari hasil tiga kategori penilaian secara berurutan Juara 1 Regional Safety Riding Competition Yogyakarta 2019 kategori komunitas pria diraih oleh Agus Ramadhan (Magelang CBR Community), Juara 2 diraih oleh Muhammad Rio S (CBR Yogya Brotherhood), dan Juara ke 3 diraih oleh Dimas Luthfi (Honda StreetFire Club Indonesia chapter Yogyakarta).

Srikandi Penakluk Kuda Besi

Tak hanya untuk para pria anggota komunitas motor Honda, Regional Safety Riding Competition Yogyakarta 2019 ini juga mengadu ketrampilan para wanita anggota komunitas motor Honda. Setelah melewati serangkaian penilaian, secara berurutan Juara 1 Regional Safety Riding Competition Yogyakarta 2019 kategori komunitas wanita diraih oleh Natalia Anggi P.W. (Honda StreetFire Club Indonesia chapter Yogyakarta), Juara 2 diraih oleh Prima Prihatieningtyas (Magelang Vario Riders Community), dan Juara 3 diraih oleh Cyrcla Abbiati W. (Honda Street Jogja).

“Tahun ini ada peningkatan kompetensi peserta yang cukup signifikan di kategori wanita. Harapannya dengan adanya kompetisi ini bisa menjadi motivasi bagi wanita-wanita lain baik yang tergabung sebagai anggota komunitas motor Honda ataupun wanita pada umumnya untuk terus meningkatkan ketrampilan berkendara. Sehingga dapat berkontribusi untuk selalu #Cari_Aman dan menekan angka kecelakaan lalu lintas.” tutup Muhammad Ali Iqbal.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, tinggalkan komentar anda dibawah

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: