Penderita Kanker Serviks Bisa Sembuh?

Beberapa pasien kanker serviks khawatir, penyakit mereka tidak dapat disembuhkan. Cek dulu faktanya di sini.

Kanker serviks saat ini menjadi salah satu momok penyakit yang ditakuti para wanita. Seperti diketahui, kanker ini jadi salah satu penyakit paling mematikan bagi wanita. Mari kenali kanker ini lebih dekat.

Apa Itu kanker serviks?

Kanker serviks atau kanker leher rahim adalah penyakit yang terjadi karena adanya pertumbuhan abnormal sel-sel di leher rahim hingga tidak terkendali. Sel-sel abnormal tersebut dapat berkembang dengan sangat cepat hingga mengakibatkan tumbuhnya tumor ganas pada bagian serviks atau leher rahim wanita.

Kepada KlikDokter, dr. Ellen Theodora menjelaskan, meski mematikan namun tingkat keberhasilan penyembuhan penderita kanker serviks akan lebih tinggi jika dideteksi lebih dini.

Terapi bagi penderita kanker serviks

Lalu bagaimana dengan proses penyembuhan bila kanker serviks sudah terlanjur menyerang? Dokter biasanya akan melakukan beberapa terapi, seperti:

  • Operasi untuk membuang sel kanker. Tindakan ini harus dipertimbangkan terlebih dahulu dari sisi lokasi adanya kanker dan penyebaran sel kanker itu sendiri.
  • Terapi radiasi yang menggunakan dosis tinggi untuk membunuh sel kanker. Biasanya terapi ini dikombinasikan pula dengan operasi.
  • Kemoterapi. Ini adalah terapi yang menggunakan obat-obatan untuk membunuh sel kanker.
  • Kemo-radiasi. Prosedur ini merupakan terapi yang memadukan antara kemoterapi dan radiasi. Biasanya digunakan pada fase awal maupun fase akhir kanker serviks.

Faktor lain yang memengaruhi pengobatan kanker serviks tidak hanya dari jenis terapi, tapi juga dapat tergantung pada tipe dan tingkatan kanker. Selain itu usia, kesehatan secara menyeluruh, dan kualitas hidup sehari-hari pasien juga turut memengaruhi peluang penyembuhan. Oleh karena itu, lakukan pencegahan secara dini dengan mengikuti vaksin HPV. Dengan demikian, kanker serviks dapat disembuhkan melalui beberapa prosedur. Akan tetapi, bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati? Oleh karena itu, jangan lupa untuk melakukan vaksinasi HPV sebagai cara ampuh mencegah kanker serviks. Selain itu, jangan lupa melakukan skrining tes pap smear untuk mendeteksi bila ada kelainan sel yang berisiko menjadi sel kanker pada leher rahim.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, tinggalkan komentar anda dibawah

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: